pindahan kantor

Melenggang Santai Saat Pindahan Kantor

Emak-emak kalau sudah berkumpul pasti suka ada-ada saja yang dibahas. Belum lama ini ada dua anggota Collaborative Blogging di grup Siti Nurbaya  yang baru saja mengalami masa-masa pindahan rumah. Yang katanya ribet banget dan enggak kelar-kelar selama dua purnama. Untuk menjunjung toleransi sesama Emak akhirnya topik pindahan kami jadikan tema untuk Collablogging kali ini.

Seumur-umur saya belum pernah sih pindahan rumah, pernahnya pindahan kantor. Dan memang menguras energi banget. Kalau pindahan rumah itu meskipun barang-barangnya lebih banyak tapi kan semuanya barang-barang kita, ya. Nah kalau pindahan kantor itu ribetnya karena ada orang lain yang memiliki barang-barang yang sama persis seperti yang kita pakai.

Mungkin untuk pindahan kantor (atau pindahan rumah sekalipun) banyak orang yang sudah biasa memanfaatkan jasa pindahan. Tapi ada juga sih perusahaan yang masih angkut-angkut sendiri. Caranya ya dengan para pekerja mengemas barang-barangnya, baik itu pribadi atau inventaris.

Sebelum bicara panjang lebar soal pindahan kantor, sebaiknya dari sekarang kalian yang berstatus pegawai harus bekerja dengan rapi. Filing rapi, barang-barang terorganisir dengan baik, catatan dikumpulkan dalam satu tempat tersendiri. Biar kenapa? Supaya kalau ada kejadian harus pindahan tinggal angkut saja tuh, enggak perlu bingung lagi mengelompokkan barang-barang.

Karena pindahan kantor itu mungkin-mungkin saja terjadi, apalagi yang sekarang kantornya kurang luas, gitu. Kalau lama-lama bertambah pegawai bisa saja kan, butuh space lebih besar. Ya pindah ruang atau gedung kantor lah solusinya.

Catatan Inventaris

Pertama kita harus punya catatan inventaris kantor, terutama barang-barang yang kita gunakan sehari-hari. Untuk memudahkan kita meneliti kembali barang apa saja sih yang menjadi tanggung jawab kita. Barang-barang pribadi juga sebaiknya ada catatannya, ya. Lakukan pencatatan ini, ada atau enggak ada rencana pindahan kantor.

Media Penyimpanan untuk Pindahan Kantor

Kalau sampai perusahaan mengumumkan adanya rencana pindah gedung, kita bisa langsung mempersiapkan diri. Mulailah packing menggunakan box atau kardus. File-file sebaiknya di-packing dalam wadah yang sama, biar enggak tercecer. Usahakan satu box berisi penuh barang untuk penghematan. Lagipula kalau boxnya masih longgar isi di dalamnya bisa mudah berantakan saat diangkut.

Untuk barang-barang kecil seperti alat tulis kantor dimasukkan ke dalam box kecil, baru kemudian digabungkan dengan barang lain di box yang lebih besar. Oh ya semua box harus diselotip dan beri petunjuk mana yang bagian atasnya, untuk menghindari barang acak-acakan.

pindahan kantor

Beri label nama karyawan dan kategori barang pada setiap box. Beri juga label nama pada inventaris yang sekiranya bentuk, warna dan ukurannya sama dengan teman sekantor. Seperti meja, kursi, pesawat telepon, kabinet, komputer dan lain-lain. Karena kalau kita biasa duduk di kursi yang biasanya lalu tiba-tiba tertukar, haduh itu mimpi buruk. Bakal enggak enak duduknya selama masa kerja. Haha.

Kadang saat pindahan bisa saja perusahaan sudah menyiapkan meja dan kursi baru. Kalau kayak gini ya alhamdulillah, mengurangi pekerjaan ngasih label :P. Jadi ditanya dulu saja, apakah pindahannya semua barang atau enggak.

Untuk komputer pastikan kabel-kabelnya lengkap, ya. Jangan sampai ada yang ketinggalan, nanti enggak bisa langsung kerja dong.

Koordinasi

Koordinasikan dengan orang yang ditunjuk untuk proses pemindahan barang. Kalau ada pesan-pesan khusus silakan disampaikan, misalnya box jangan ditumpuk terlalu tinggi dan sebagainya.

pindahan kantor

Tempat Baru Siap Menanti

Biasanya karyawan diberi kesempatan untuk melihat-lihat tempat yang baru. Sebelum barang-barang diangkut sebaiknya tempat yang baru ini dibersihkan. Jadi begitu barangnya tiba bisa langsung diposisikan. Karena enggak enak bersih-bersih sambil ada barang numpuk. Lebih enak itu, pas barang datang langsung rapi-rapi.

Jangan lupa diabsen lagi barang-barangnya, sesuai dengan catatan inventaris yang sejak awal sudah dibuat. Yang namanya pindahan kantor, mau itu dekat atau jauh, mau cuma pindah satu lantai, tetap saja pindah. Semua barang harus berada di tempat baru. Jadi pastikan semuanya terangkut dengan baik dan benar.

Yay! Kalau dari pertama kerjanya sudah rapi, pas mau pindahan pasti tinggal melenggang santai, nih.

Untuk yang mau dapat tips pindahan rumah, bisa cek tulisan Mak Wenny yang kali ini kebagian tugas bikin post trigger. Tulisannya berjudul Tips Pindah Rumah yang Menyenangkan. Dari judulnya saja langsung happy, pas sudah baca pasti tercerahkan 😉

Ok then, Selamat pindahan ya. Semoga betah di ruangan yang baru 🙂

Baca juga : Tips Menjadi Sekretaris Kebanggaan Perusahaan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

30 thoughts on “Melenggang Santai Saat Pindahan Kantor

  1. Ucig says:

    Klo pindah ruangan kantor lumayan riwehnya. Tapi barang aku jg nggak bnyk mak.. aman
    Iyaaa klo ganti pc, dokumen suka ada yg ktinggalan..karena ada yg kurang rapi di awal hehe nice tips maak

  2. Yosa Irfiana says:

    Eh bener banget mak. Dimanapun harus rapi ya, biar kalau mendadak pindah enggak rempong. Aku inget dulu pernah pindahan dari kantor lama ke kantor baru, karena butuh space yang lebih besar bersamaan dengan jumlah karyawan yang makin banyak. Nah, itu super repot, karena alat-alat multimedia, beneran kayak enggak keurus. Waktunya malah habis buat ngurusin alat yang rusak dan enggak terpakai tapi numpuk. Wah berhari-hari banget. Bener-bener pengalaman buat kami.

  3. April Hamsa says:

    Pindahan emang menguras energi ya mbak. Pindahan kantor blm pernah tapi pindah ruang kantor udah hehe.
    Trus kalau pindah rumah, hmm, kyknya saya dah 4x pindah kontrakan sblm akhirnya menempati rmh yg skrng.
    Yg paling males bongkar2nya haha, pelan2 aja sih biasanya, tapi gk kecatat rapi kyk di kantor sik 😀

  4. Ilman Nafian says:

    Pindahan itu sejatinya melelahkan, apalagi pindah ke lain hati, pasti lelah dan cape. Ngomongin soal pindahan, baru dua bulan yang lalu saya pindah kosan saja begitu ribet, apalagi pindah kantor.. Tips di atas bagus juga diterapkan bagi yang mau pindah kantor biar langsung angkut ga perlu pusing filing lagi.

  5. Dwina says:

    Pindahan kantor aja riweuh begitu apalagi yang pindahan rumah ya. Paling ribet kl pindahan yaitu mindahin printilan isi laci. Tapi kalau udah pindah trus kembali rapi, rasanya puas banget. Capek mah teteup.

  6. Kang Masroer says:

    Yang namanya pindahan, entah itu kantor ataupun rumah memang super merepotkan dan melelahkan. Meski merepotkan kalau memang harus pindah kantor ya mau gimana lagi. Iya kan? Asal jangan pindah ke lain hati ya, Mbak? Hihhi

  7. Fenni Bungsu says:

    Waktu pindah ruangan dan lihat-lihat tempat baru, daku memang langsung bawa label kasih nama, alias ngetekin tempat.. Hahaha.. Soalnya tempat menunjukkan prestasi 😂😂

  8. unggulcenter says:

    Aku lum pernah pindahan kantor yang serius, tapi pindahan kost mah sering dulu hehe. Tapi ini tips menarik, karena kita kan milenials yang kurang betah dari awal masup ampe pensiun golden shake hands di kantor itu2 aja, pasti deh mau mengembangkan karier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *