tempat nongkrong di yogyakarta

Pilihan Unik Tempat Nongkrong di Yogyakarta

Sebagai pasangan irit, saya dan suami dulu cuma main ke Jogja pas honeymoon. Soalnya tiket ke Jogja lumayan murah dan penginapan, tempat wisata serta kulinernya juga murah meriah :P. Sewa kendaraan baik itu mobil atau motor pun tarifnya menyenangkan hati banget. Banyak juga para backpacker yang menjadikan kota Jogja sebagai destinasi traveling sebab apa-apa di kota ini murah. Menurut abang ipar saya yang suka traveling, ke Yogyakarta paling enak naik kereta, untuk menambah kesan selama perjalanan gitu. Jangan lupa pesannya dari jauh-jauh hari supaya bisa dapat tempat duduk yang sesuai dengan pilihan hati.

Rasanya selalu mau balik lagi ke Yogyakarta kalau ada kesempatan. Entah mengapa kota Gudeg ini ngangenin banget. Kotanya bersih, tertib dan kalau malam adeeem cenderung dingin. Kayaknya waktu 3 hari saja enggak akan cukup buat menjelajah di Yogyakarta. Kalau saya sukanya pergi ke tempat-tempat wisata gitu, sih. Sama ke pusat perbelanjaan untuk beli oleh-oleh. Tapi sekarang sudah banyak juga tempat nongkrong di Yogyakarta yang lagi ngehits, enak kali nyantai di tempat-tempat ini setelah berwisata, ya?

Warung Kopi Negri

Deddy Huang seorang travel blogger pernah bercerita, saat traveling ia senang bertemu dengan penduduk lokal. Kalau di Warung Kopi Negri, selain bisa ngopi-ngopi rupanya kita bisa berbaur juga nih dengan warga lokal Yogyakarta. Karena letaknya agak tersembunyi di tengah perkampungan, warung kopi ini menjadi salah satu tempat asyik untuk dijadikan tempat berkumpul oleh warga sekitar.

warung-kopi-negri

Photo : genpijogja.com

Buat saya yang enggak minum kopi, tentu dong masih bisa nongkrong di Warung Kopi Negri. Soalnya masih ada minuman selain kopi, yaitu teh. Kopinya sendiri adalah jenis kopi khas nusantara dengan harga per gelasnya enggak mahal-mahal, gengs. Mulai Rp. 5.000 sampai Rp. 30.000 saja. Nah buat yang suka minum kopi coba mampir ke Warung Kopi Negri, deh saat mengunjungi Yogyakarta.

Indische Koffie

Bagi traveler yang memilih kereta sebagai moda transportasi menuju Yogyakarta, begitu tiba di stasiun Tugu bisa mampir ke cafe terdekat yang satu ini, Indische Koffie. Cafe yang terletak di salah satu sisi benteng Vredeburg ini menyediakan kopi mulai dari Rp. 6000 hingga Rp. 18.000 saja. Selain itu ada menu khas nusantara juga dengan varian yang beragam.

Paling uniknya di Indische Koffie ini ada menu nasi mawut, yaitu nasi goreng yang dicampur dengan mie goreng. Yhaaa, kayak gimana itu rasanya? Penasaran sayaaa!! Mawut dalam bahasa Jawa artinya kacau atau berantakan. Karena percampuran antara nasi dan mie lah namanya menjadi nasi mawut.

nasi mawut

Awor Gallery and Coffee

Siapa suka fotografi? Nongkrong lah di Awor Gallery and Coffee, karena cafe ini memiliki konsep yang unik dibanding cafe lainnya yaitu memadukan galeri foto yang cantik dengan warung kopi. Nampaknya galeri foto akan membuat saya betah berlama-lama di cafe ini.

Terletak di Jl. Simanjuntak Ruko Yap Square 11B,  Awor Gallery and Coffee menjadi tempat favoritnya para mahasiswa yang perlu mengerjakan tugas kuliah karena wifi berkecepatan tinggi dan banyak colokan listrik. Buat yang suka nulis bisa juga garap kerjaan di sini, galeri fotonya bisa-bisa menambah inspirasi. Kalau yang suka banget fotografi, cafe ini juga menyewakan lensa, loh! Lengkap banget, kan?

awor gallery and coffee

Photo : bonvoyagejogja.com

Oh ya, minuman yang paling terkenal di Awor Gallery and Coffee adalah Awor coffee cream, yang merupakan perpaduan antara espresso, es krim vanilla, dan juga sirup hazelnut. Saya akan pesan minuman ini, buat suami saya haha. Tapi sebelum diminum mau difoto dulu deh, sewa lensa yang bagusan di cafenya 😛

Kalimilk

Akhirnya ada juga nih tempat nongkrong populer di Yogyakarta yang menyediakan berbagai varian susu. Sudah pasti saya sekarang ke mana-mana mengajak si kecil, kan. Kalimilk akan cocok deh untuk keluarga kecil kami, karena susunya memiliki rasa yang khas dan harganya murah meriah. Makanya pengunjung Kalimilk adalah pelanggan dari berbagai usia.

kalimilk

Photo : @kalimilk

Susu Kalimilk berbahan dasar susu segar dari sapi perah dari peternakan Kalimilk di kaki gunung Merapi. Sapi ternaknya dirawat baik-baik, bahkan dengan perawatan kelas wahid yang enggak kalau dengan bintang Hollywood! Yang namanya susu mah sudah pasti sehat, lah. Apalagi susu sapi segar, ya. Duh, peminum susu langsung pengin pesan tiket kereta Jakarta-Yogyakarta nih terus main-main ke Kalimilk.

Dan tempat nongkrong di Yogyakarta yang lagi ngehits masih banyak lagi, gengs. Yuk lah hunting tiket keretanya dulu…

Thanks for reading, ya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

8 thoughts on “Pilihan Unik Tempat Nongkrong di Yogyakarta

  1. Okti Li says:

    Berhubung saya gak suka kopi, kayanya saya pilih tempat terakhir aja deh. Hehehe…

    Yogyakarta emang selalu ngajakin ya. Ga bosen ke sana meski sering selalu saja kangen dan bikin betah.

  2. Hotlas Mora says:

    Wah wajib banget nih dateng ke sini kalau ke Yogyakarta. Tempatnya kayaknya asik.. pengen cobain.. kopi dan nasi gorengnya kayaknya mantep juga. Makasih ya kak infonya 😉

  3. Rani Yulianty says:

    Waaah asyik nih da referensi tempat nongkrong di Yogyakarta, kalau lagi ke sana bisa mampir dan nongkrong di slaah satu tempat ini, mupeng ke warung kopi negeri, bisa nongkrong dan mengamati kearifan lokal di sana

  4. Awan says:

    Sudah lama saya tidak ke Jogja, ntar klo ke Jogja tempat-tenpat di atas akan saya masukin di list untuk dikunjungi kayanya tempat dan sajiannya bolehlah dicoba, kayanya menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *