Spot instagramable kota lama semarang

Spot Instagramabel Kota Lama Semarang

Ternyata anak zaman now sungguh tertarik pada sejarah, hihi. Karena kalau ada tempat bersejarah yang instagramable langsung semuanya pengin foto di tempat tersebut. Tempatnya bisa apa saja, restoran, tepi sungai, lapangan, sampai tempat ibadah. Salah satunya nih Gereja Blenduk, Spot Instagramabel Kota Lama Semarang yang kalau saya bilang dari luar enggak kelihatan banget kalau itu adalah bangunan gereja.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Semarang biasanya sih selalu menyempatkan diri untuk mampir di Kawasan Kota Lama. Di situ lah Gereja Blenduk berada, gengs. Bersama dengan bangunan lain yang memiliki aritektur bernilai tinggi dan layak deh dijadikan spot berburu foto. Memang bangunannya cakep banget sih, akan keren deh kalau menjadi salah satu foto di feed instagram.

Spot Instagramabel Kota Lama Semarang

Photo : panduanwisata

Biar enggak sekadar foto-foto, ngulik bentar yuk soal bangunan bersejarah ini. Gereja Blenduk dibangun jauh sebelum kita lahir yaitu sejak tahun 1753 oleh masyarakat Belanda yang tinggal di kota tersebut pada masa itu. Awalnya bangunan ini memiliki desain khas rumah tradisional Jawa dan berbentuk rumah panggung. Layaknya bangunan tradisional lainnya, atap Gereja Blenduk dihiasi rumbia dengan bentuk kerangka yang memanjang.

Desainnya yang sekarang mengusung gaya arsitektur neo-klasik, yaitu sebuah gaya arsitektur yang dihasilkan oleh gerakan neo klasik yang dimulai pada pertengahan abad ke 18. Gaya ini mengadopsi gaya dari arsitektur klasik kuno, prinsip-prinsip Vitruvian, dan karya arsitek Italia Andrea Palladio. Ciri khas arsitektur neo klasik adalah terdapat pilar-pilar penyangga gedung, ukiran dan atap interiornya yang tinggi.

Gereja Blenduk Awalnya Mengusung Gaya Arsitektur Tradisional Jawa

Spot Instagramabel Kota Lama Semarang

Photo : bonvoyagejogja

Hingga menjadi bangunan yang sekarang kita lihat ini, Gereja Blenduk telah mengalami renovasi berkali-kali dan pemugaran total pada tahun 1894 oleh arsitek asal Eropa bernama H.P.A de Wilde dan W. Westman. Kedua arsitek itulah yang merancang desain kubah dan menara ikonik pada gereja. Keterangan mengenai sejarah arsitektur gereja lengkap dengan arsiteknya tersebut tercantum pada kolom di belakang mimbar gereja. Dan sampai saat ini Gereja Blenduk masih digunakan sebagai tempat peribadatan rutin setiap minggunya.

Memiliki Desain Interior Bernuansa Romawi Abad Pertengahan

Spot Instagramabel Kota Lama Semarang

Photo : klayapan

Jika melihat bagian dalam bangunan ini didominasi warna putih, memiliki pondasi terbuat dari batu yang didukung oleh batu bata pada struktur bangunan lainnya. Penutup kubahnya adalah lapisan logam yang dikombinasikan dengan kayu jati. Di bawah kubah tersebut terdapat lubang cahaya untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari.

Pada sisi bangunan di bagian timur, barat, dan selatan terdapat portico yang mengusung desain khas Romawi. Pintu masuknya terbuat dari panel kayu dengan ambang pintu berbentuk melengkung. Jendela di beberapa area gereja dihiasi ornamen mozaik dengan aksen warna cerah.

Gereja Blenduk Banyak Disambangi sebagai Lokasi Pemotretan

Spot Instagramabel Kota Lama Semarang

Photo : goodpiknik

Persis di sebelah gereja terdapat sebuah taman yang cukup rimbun, yakni Taman Srigunting. Taman tersebut biasa disambangi wisatawan untuk sekadar duduk bersantai sembari menikmati keramaian khas Kota Lama Semarang. Dari situ juga wisatawan bisa mengambil foto dengan latar belakang bangunan bersejarah tersebut. Karena nuansa arsitekturnya memang unik banget, foto-foto nya bisa berkesan sedang berada di Roma. Lumayan kan buat foto prewedding enggak usah jauh-jauh ke Italy 😀

Meskipun nuansanya vintage tapi tetap loh ini instagramable banget untuk kaum zaman now yang hobi foto-foto. Mau selfie atau membidik bangunannya saja, it’s ok.

Di Kota Lama Semarang masih banyak lagi destinasi yang memiliki gedung-gedung bersejarah lainnya dengan arsitektur yang tak kalah indahnya. Siap-siaplah ke Semarang dengan segala keperluan wisatanya. Apalagi bagi yang datang dari luar daerah, sudah bisa mulai rencanakan perjalanan dengan mencari tiket pesawat dengan harga terjangkau.

Kamu bisa mengunjungi website Airy untuk mendapatkan informasi seputar harga tiket pesawat ke Semarang maupun daerah lain di Indonesia. Dengan Airy, Anda dapat memperoleh tiket penerbangan dengan harga terjangkau serta proses pemesanan yang cepat dan aman.

Atau dapatkan promo tiket pesawat Sriwijaya Air ke kota Semarang lewat Airy. Selamat jalan-jalan dan hunting foto 😉

Baca juga : Jalan-jalan Jakarta, Melihat Monas Dari Dekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *