pernikahan sederhana 820x312 - Memangnya Kenapa Kalau Hanya Pernikahan Sederhana?

Memangnya Kenapa Kalau Hanya Pernikahan Sederhana?

Hai, kamu akan baca tips dari saya soal resepsi pernikahan sederhana. Boleh percaya boleh enggak sih, soalnya pernikahan saya sendiri enggak tergolong sederhana kayaknya hahahaha. Tapi justru karena saya sudah melewatinya, saya jadi tahu mana yang perlu dan mana yang enggak penting-penting amat dalam sebuah resepsi pernikahan. Jadi buat kamu yang sudah pengin nikah tapi belum melamar atau dilamar, harus baca sampai selesai. Mudah-mudahan setelah ini makin mantap ya…

Sederhana memiliki arti tidak berlebihan dan sedang-sedang saja. Tidak terlalu mewah, tidak terlalu tinggi dan yang pasti tidak melampaui batas kemampuan. Kadar sederhana bisa berbeda pada setiap individu. Sederhana sesuai selera, adat istiadat dan biasanya sesuai dengan budget.

Sedangkan makna dari pernikahan yaitu perkawinan yang dilakukan oleh sepasang manusia—pria dan wanita, sesuai dengan ajaran agama dan hukum yang berlaku. Inti dari menikah adalah kehidupan berdua setelah akad nikah dan resepsi (jika diperlukan).

Hal Terpenting Dalam Persiapan Resepsi Pernikahan

Sekarang mari kita  bandingkan. Ada artis mau nikah dan waktu konferensi pers dia bilang “Acaranya nanti sederhana aja kok, cuma mengundang keluarga dan teman-teman dekat…” dan seterusnya. Lalu,Konsepnya juga simple, resepsi di hotel milik keluarga, baju pengantin enggak mewah—cuma 150 juta.” Itu pernikahan sederhana menurut kalangan artis. Sederhana menurutnya tetap saja menghabiskan uang ratusan juta rupiah.

Kalau bagi orang biasa—kayak saya, pernikahan sederhana ya cuma akad nikah mengundang keluarga dan teman dekat, acaranya di rumah pula. Kalau mau bikin resepsi berarti udah enggak sederhana lagi hahaha. Makanya saya bilang pernikahan saya mewah soalnya saya pakai resepsi segala, dengan menyebar 1.500 undangan. Uhuk!

Jadi seberapa sederhana sebuah resepsi pernikahan itu tergantung kemampuan sih kalau menurut saya. Ngomongin pernikahan kan ujung-ujungnya akan mentok di budget. Dan saya suka sedih aja kalau ada orang yang mimpi punya pesta pernikahan yang ‘wah’ padahal kemampuannya biasa aja. Rajin menabung sih iya buat modal nikah, tapi memangnya tabungan pengin dihabiskan untuk sesuatu yang selesai dalam sehari?

So, mari kita mulai hal-hal apa saja yang paling penting jika ingin melangsungkan resepsi ya. Ini yang harus menjadi prioritas.

Tempat Resepsi Pernikahan

Pernikahan sederhana enggak perlu tempat resepsi yang mewah dong pastinya. Kalau saya sih lebih pilih resepsi di rumah karena keluarga kami punya lapangan bulu tangkis. Iya, cuma sekecil itu tapi alhamdulillah enggak ada tamu yang enggak kebagian duduk. Dan catering cukup, masaknya juga lancar dari pagi sampai sore. Enaknya resepsi di rumah itu yang pasti tanpa biaya sewa tempat dan enggak perlu ada biaya transportasi ;). Mau ngapa-ngapain gampang banget tinggal nengok ke kiri ‘eh, ada rumah’. LOL.

Tapi zaman sekarang pemukiman udah sempit banget sih, kadang mengganggu lalu lintas umum juga kalau dipaksakan bikin resepsi di rumah. Kalau kondisinya begini alternatifnya adalah sewa tempat. Pilih gedung yang enggak terlalu mahal, kalau bisa dekat sama rumah supaya mobilitas gampang dan hemat waktu. Biasanya kampus-kampus menyewakan ruang aulanya untuk resepsi dan harganya cukup terjangkau. Parkirannya pun luas, tamu enggak akan kerepotan saat parkir.

Jumlah Tamu dan Design Kartu Undangan

Kalau rumah kita kecil tapi daftar undangan banyak banget caranya adalah panjangkan durasi resepsi. Mumpung di rumah kan bebas biaya sewa ya. Tapi kalau enggak mungkin bikin resepsi di rumah, berarti jumlah undangannya jangan kebanyakan. Karena tambah durasi berarti tambah biaya sewa ini itu dan tambah catering juga. Ayo mulai diseleksi lagi daftar tamunya. Kecuali bisa dapat gedung yang biaya sewanya flat mau pakai 3 jam atau seharian.

Design undangan yang simple aja, enggak perlu hardcover apalagi pakai embos segala. Yang penting jangan salah cetak nama, baik nama yang mengundang maupun yang diundang. Selain itu teks tempat, tanggal dan waktu resepsi jelas. Simple itu bukan berarti jelek looh. Sekarang banyak kok jasa cetak undangan yang pada kreatif. Saya dulu pengin hemat sampai bikin design sendiri dan cetaknya sama teman. Menang banyak 😛

Kalau bikin resepsinya sederhana kita mau cetak undangan yang sederhana juga enak-enak aja. Coba kalau budget sudah habis di sewa gedung yang mahal, otomatis undangannya harus ngikut mewah juga. Masa iya resepsi di hotel tapi kartu undangan ala kadarnya?

Konsep Pernikahan Sederhana tapi Elegan

pernikahan-sederhana-2

Kita semua pasti ingin satu-satunya pernikahan seumur hidup menjadi momen tak terlupakan. Tapi itu bukan berarti harus menggelar resepsi yang diluar kemampuan. Apalah artinya dekorasi mewah kalau dalam hati menangis melihat angka yang tertagih kemudian.

Rencanakan sebuah konsep yang menarik tapi enggak menelan banyak biaya. Bahkan sebenarnya tanpa konsep apa-apa juga resepsi bisa tetap jalan kok, beneran! Coba pilih warna-warna yang elegan untuk dekorasinya seperti pelaminan, tenda dan kursi tamu. Itu saja sudah cukup. Makin simple, makin instagramable :D.

Baju pengantin kalau bisa sewa aja, soalnya besok-besok enggak akan terpakai lagi. Buat apaan coba? Pergi kondangan juga malu pakainya, masa nanti saingan sama yang punya hajat? Model baju pengantin itu selain untuk berada di pelaminan cuma cocok dipakai jalan di atas catwalk saat fashion show. Lha emangnya kita siapa? Super model?

Lupakan itu ‘baju pengantin untuk kenang-kenangan’. Ya terus kalau udah jadi kenganan mau diapain lagi? To be honest saya punya sih baju pengantin di lemari dan emang enggak pernah dipakai sekali pun. Lagian pasti udah enggak muat. LOL. Kecuali jas untuk pengantin pria, enggak apa-apa kalau mau beli soalnya masih bisa dipakai lagi.

Mahar dan Seserahan dalam Pernikahan Sederhana

pernikahan-sederhana-1

Semua dibikin hemat, tapi kalau urusan mahar dan seserahan boleh kok kasih yang royal. Kan mahar dan seserahan itu untuk isteri, akan dipakai sama isteri di kemudian hari. Selama pemberiannya memang yang benar-benar dibutuhkan sama pasangan. Atau kalau memang budget masih terbatas ya enggak apa-apa juga kasih yang sederhana asal sewajarnya. Yang penting asas manfaatnya.

Dokumentasi

Dokumentasi pernikahan biasanya ada paket-paket yang ditawarkan, terdiri dari jasa foto dan cetak album kolase beserta cetak foto kanvas dengan bingkainya. Pilih paket sesuai budget saja, kalau budget sedikit bisa pilih yang jasa fotonya saja. Cetak foto bisa kapan-kapan kalau ada rezeki lagi. Kalau mau bikin kenang-kenangan lebih baik memaksimalkan poin yang ini ketimbang harus beli baju pengantin harga jutaan.

Baca juga : Rekomendasi Cetak Album Foto Harga Bersahabat

Minimalisir Hal-hal Ini Untuk Resepsi Pernikahan Sederhana

Mungkin karena terlalu excited sama rencana pernikahan dengan segala persiapannya yang seru abis, kita jadi lupa apa yang paling penting. Ingat bahwa yang terpenting adalah kehidupan berdua setelah menikah. Persiapan nikah hanya latihan bagaimana membangun teamwork antara dua orang dari latar belakang yang berbeda.

Ada hal-hal yang memang perlu disiapkan dalam resepsi tapi juga kalau enggak ada ya enggak apa-apa. Pesta masih akan tetap berjalan meski tanpanya.

Foto Prewedding Berlebihan

Ada teman saya dari keluarga berada, resepsinya mewah, tapi foto prewednya cuma di halaman rumah. Yang motret temannya sendiri, cuma kasih uang makan sebagai fee. Kamu mau tahu berapa jasa foto prewedding sekarang ini? Diatas 5 juta. Coba kalau dikonversi ke biaya cetak undangan 😉

Jika budget terbatas tapi tetap mau ada foto prewedding, bisa minta bantuan teman yang hobi fotografi. Mereka akan sangat senang membantu loh. Tapi ya enggak gratis juga, kasih lah apresiasi sesuai kesepakatan. Pilih lokasi photoshoot yang enggak perlu bayar. Saya dulu foto-fotonya di taman komplek gitu, yang motret teman sendiri juga. Hemat lah pokoknya.

Cetak beberapa foto yang paling baik, jumlahnya sesuaikan dengan luas tempat resepsi. Tapi kalau cuma mau cetak 1 atau 2 untuk dipajang di depan meja terima tamu pun enggak masalah. Selow….

Seragam Keluarga

Biasanya keluarga inti wajib pakai seragam ya, supaya enak dipandang mata dan membedakannya sebagai tuan rumah. Ya ini enggak apa-apa kok. Seragam keluarga itu biasanya dress atau kebaya. Besok-besok masih bisa dipakai lagi buat acara kawinan di tempat lain.

Lalu bagaimana seragam untuk om-tante, sepupu, teman-teman dekat? Untuk resepsi pernikahan sederhana enggak perlu sih menurut saya. Mereka pasti mengerti kenapa kita memutuskan untuk enggak membelikan mereka seragam. Kalau enggak mau mengerti juga, please abaikan dan fokus saja sama pernikahan. Kecuali mereka mau bantu belikan pakai uang mereka, itu sih terserah ya malah bagus haha.

Wedding Organizer yang Mahal

Pakai jasa wedding organizer itu enggak murah. Kalau pernikahan sederhana kayaknya kamu bisa atur berdua sama pasangan, ditambah bantuan dari saudara-saudara. Makanya sama saudara tuh yang akur ya, biar kalau mau nikah banyak yang bantuin.

Atau tunjuk beberapa orang di keluarga yang kamu percaya untuk mengurus ini itu dalam persiapan pernikahan. Daulat tim ini sebagai wedding organizer kalian, pasti pada senang asal ada uang lelahnya. Uang lelah buat saudara jelas lebih ekonomis dibandingkan jasa WO.

Kue Pengantin, Dekorasi Prasmanan, Home Band, DLL

Saya enggak ngerti sih kenapa harus ada kue pengantin. Tapi saya dulu enggak pakai dan kayaknya enggak terlalu penting ya. So, ini boleh di-skip. Harganya lumayan ini, bisa buat tambahan catering aja.

pernikahan-sederhana-4

Makan prasmanan yang paling penting itu rasanya serta cukup untuk semua tamu. Jadi pada bagian ini enggak usah pakai dekorasi berlebihan meskipun gratis dari vendor catering. Lebih baik negosiasi enggak usah pakai dekor tapi porsi menunya ditambahin dikit 🙂

Musik memang perlu untuk menambah keriuhan suasana pesta. Tanpa penyanyi asli beserta band-nya musik masih bisa menyala. Pakai saja music playlist yang sudah dipilih dari jauh hari. Mumpung sekarang mah mau setel musik tinggal masukin file lagu-lagu ke flashdisk lalu colok ke player device.

***

Meskipun dulu saya menggelar pesta yang enggak sederhana tapi terus terang saja uang yang kami keluarkan justru sederhana. Maka pintar-pintar lah mencari vendor yang sesuai dengan kantong kita. Malah saya dapat vendor yang all in (tenda, dekorasi, baju pengantin dan tata rias), memuaskan banget. Kerjanya cepat, rapih, baju pengantin bagus, riasannya juga keren bikin pangling.

Oh ya satu lagi, ketika teman-teman yang kita undang semuanya bisa hadir dan seru-seruan bareng di acara kita, itulah kemeriahan pesta yang sesungguhnya.

Semoga tulisan saya kali ini dapat memberi pencerahan ya buat teman-teman yang mau nikah. Buruan dilamar tuh pacarnya, kang, biar enggak keduluan sama pemuda lain. Berani maju sebagai calon pemimpin keluarga dengan langkah awal minta izin menikahi sang puteri dengan resepsi yang sederhana.

Oh ya tulisan ini sama sekali tak bermaksud menyudutkan pihak manapun, baik itu fotografer maupun wedding organizer. Melainkan untuk memberi pilihan kepada mereka yang ingin menikah tetapi hanya bisa melangsungkan secara sederhana. Karena tak semua orang bisa punya pesta yang mewah.

Semoga dilancarkan ya… Amiin.

pernikahan-sederhana-3

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 thoughts on “Memangnya Kenapa Kalau Hanya Pernikahan Sederhana?

  1. Riana Mahilda says:

    Thank you mba penjabarannya, lumayan memberi gambaran detail apa saja yang harus diprepare dan bisa dihemat. Jujur sih berkali-kali datang ke walimahan membuat aku merasa bermegah – megah tidak menjadi jaminan sakral atau khusyuk dan khidmatnya. Makanya ambience itu yg mau aku dapatkan banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *