perawatan rambut alami

Perawatan Rambut Alami Dengan Emeron, Senantiasa Sehat Meski Tak Terlihat

Hello, gengs. Kita ngomongin soal perawatan rambut, yuk! Makin berumur makin ada aja masalahnya, ya kan? Siapa yang ketika sudah jadi emak-emak masih rajin pergi ke salon? Atau setidaknya melakukan perawatan rambut alami di rumah? Banyak banget teman-teman wanita seangkatan saya yang mengaku sudah jarang—bahkan enggak pernah lagi—datang ke salon untuk perawatan rambut. Why? Ada yang alasannya enggak sempat, ada juga yang bilang enggak perlu lagi ke salon karena sekarang sudah pakai hijab.

Dulu rambut saya kasar dan kaku. Sekarang? Makin parah. Karena sekarang saya pergi ke salon hanya untuk potong rambut saja, sebab enggak bisa potong sendiri haha. Creambath, hair spa, sudah saya tinggalkan sejak mengenakan hijab 5 tahun yang lalu. Kalau dibilang ke salon cukup baik untuk me time para ibu, saya lebih memilih jenis me time yang lain, deh.

Ketika zaman kuliah dulu saya suka mikir ‘kok ada aja ya cewek-cewek yang rambutnya indah banget kayak bintang iklan shampoo?’ Pernah suatu hari saya lagi seru-serunya ngobrol dengan teman-teman cowok, tiba-tiba suasana hening. Gara-gara apa, tebak? Ada gank cewek melintas yang mana mereka berambut panjang, indah dan emang cantik-cantik, sih. Si teman-teman saya ini seperti terpana melihat pemandangan tersebut, bahkan ada yang berniat mau jadiin pacar. Yaelah…

Sedangkan rambut saya cenderung acak-acakan. Ketika digerai enggak pernah mendapat pujian dari pacar “Sayang, rambut kamu indah.” Kalau di dunia ini ada komunitas ‘ikat rambut’, mungkin saya adalah salah satu member yang paling setia sama kuncir rambut. Saking enggak bisa lepas dari benda imut itu, karena saat kuncirnya dilepas rambut saya persis rambut singa. Mengembang dengan sempurna. Dan masalah ini terus menghantui hingga saya dewasa.

Mengapa Rambut Terlihat Mengembang?

Mungkin banyak gadis-gadis yang mengeluh ‘ih kenapa sih ini rambut ngembang banget kayak pakai baking soda?’ Ya saya dulu juga gitu sih. Rasanya kesal sendiri kalau berkaca dan melihat rambut yang ‘enggak banget’. Merusak mood. Dan merusak pasaran, LOL!

Sebenarnya apa ya yang bikin rambut jadi terlihat mengembang tak beraturan?

Kondisi ini disebabkan oleh rambut yang kasar dan kaku. Makanya rambut jadi terlihat mekar dan sulit diatur, bawaannya kusut terus meski sudah disisir berulang kali. Untuk memperbaikinya pemilik rambut jenis ini harus rajin melakukan perawatan rambut. Ketika berada dalam kondisi halus dan lembut maka jatuhnya rambut akan terlihat lebih rapi dan enggak mengembang lagi.

Tapi ada juga loh orang yang malah kepengin rambutnya terlihat agak sedikit mengembang atau bervolume. Yaitu mereka yang memiliki jenis rambut lepek. Jadi setiap orang memang memiliki permasalahan rambut masing-masing dan penanganan yang berbeda pula.

Penyebab Kerusakan Rambut

Rambut memiliki bagian terluar yang disebut kutikel. Ibarat pada tubuh manusia, kutikel ini mirip dengan kulit. Yang apabila sehat maka akan menunjukkan kilaunya. Sebaliknya jika tidak sehat maka rambut akan terlihat kusam dan usang.

Kondisi rambut yang kasar merupakan salah satu ciri kerusakan rambut. Adapun ciri kerusakan lainnya bisa berupa rambut bercabang, rambut beruban, berketombe dan rambut rontok. Semua masalah tersebut pernah saya alami.

ciri kerusakan rambut

Photo by pexels.com

Kerusakan rambut umumnya disebabkan oleh polusi dan stress. Polusi udara sepertinya memang wajar ya kalau bisa bikin rambut rusak, secara rambut kita terpapar sinar matahari dan udara yang kurang bersih sehari-hari. Bagaimana dengan stress? Seberapa pengaruh stress pada kerusakan rambut?

Apabila seseorang mengalami stress maka akan membuat pembuluh darah terbatas dan rambut akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkan sehingga rambut mudah rontok. Selain itu folikel rambut bisa kekurangan pigmen yang menyebabkan rambut kehilangan warna hitamnya, alias beruban.

Mungkin kita tidak bisa menghindari stress karena kesibukan dalam aktivitas sehari-hari. Makanya perawatan rambut bisa menjadi pilihan agar rambut senantiasa sehat. Baik itu perawatan di salon maupun perawatan rambut alami yang bisa dilakukan di rumah. Dengan memahami kerusakan rambut tentunya memudahkan kita dalam melakukan perawatan. Seolah kita mengerti dan mendengarkan apa yang sebetulnya dibutuhkan oleh rambut.

Dengarkan Rambutmu dan Coba Emeron

Tadinya saya pikir “Ah, rambut sudah tertutup hijab kok, ngapain masih harus perawatan sih?” Rupanya saya salah, justru perempuan berhijab perlu merawat rambutnya lebih intens lagi. Karena rambut harus selalu dikuncir sepanjang hari selama mengenakan hijab. Belum lagi kondisi rambut yang masih setengah basah dan sudah harus ditutup hijab. Ini semua ibu-ibu pasti ngerti lah ya bagaimana terbatasnya waktu yang kita miliki, sampai-sampai mengeringkan rambut saja enggak sempat.

Dan meskipun rambut tertutup oleh hijab, kan masih ada pak suami yang berhak melihat dan membelai rambut kita, tho? Kalau sama kerutan di kulit wajah saja kita peduli banget, bela-belain pakai skin care, anti aging dan sebagainya. Kenapa juga kita enggak mendengarkan kebutuhan rambut, hayoo?

Baru-baru ini saya mencoba shampo Emeron Complete Hair Care untuk perawatan rambut, yang terdiri dari shampoo, conditioner dan hair vitamin. Sebetulnya sudah tahu sih manfaat memakai conditioner secara teratur dapat menjadikan rambut halus, tapi suka malas pakai meskipun sudah beli. Dan untuk vitamin rambut jujur saja saya baru pertama kali pakai.

Emeron Complete Hair Care terdiri dari 3 varian yang menutrisi rambut sesuai dengan kebutuhan dan jenis kerusakannya. Yaitu Emeron Black & Shine, Soft & Smooth dan Damage Care yang semuanya diperkaya dengan Active Provit Amino, yaitu formula yang secara aktif menutrisi setiap helai rambut, mencegah kerusakan dan melindungi rambut dari sinar matahari. Selain itu juga mengandung bahan-bahan alami yang aman digunakan dan formulasinya telah disempurnakan dengan teknologi Jepang sehingga sangat memahami apa yang dibutuhkan oleh rambut kita.

Emeron Black & Shine

emeron black shine

Bagi yang memiliki rambut kusam tentu ingin mengembalikan kilaunya sebagai rambut yang sehat dan indah. Zaman dahulu para wanita kerap menggunakan urang aring untuk keramas yang memang dipercaya untuk menghitamkan rambut. Tapi zaman sekarang mungkin sudah sulit ya menemukan urang aring. Maka menggunakan Emeron Black & Shine adalah solusi tepat untuk rambut kusam.

Emeron Soft & Smooth

Emeron soft & smooth

Pakai Emeron Nutritive Soft & Smooth siap-siap kehilangan rambut singa, nih!

Emeron Damage Care

Masih dengan Active Provit Amino, Emeron Nutritive Damage Care dilengkapi dengan kandungan nutrisi alami dari Avocado atau buah alpukat yang kaya akan vitamin C, vitamin E, dan vitamin B6 yang sangat baik menutrisi rambut. Varian ini dapat memperbaiki kerusakan kutikel atau kutikula rambut serta melapisi dan melembabkan permukaan helai rambut.

emeron damage care

Ini adalah varian yang saya gunakan dalam 10 hari belakangan. Saya tertarik mencoba varian Damage Care yang mengandung alpukat ini. Karena pernah baca artikel yang menyebutkan bahwa masker buah alpukat sangat baik untuk mengatasi rambut yang bercabang.

Manfaatnya Terasa Sejak Pemakaian Pertama

perawatan rambut alami

Rangkaian Emeron Complete Hair Care yang diproduksi oleh PT. Lion Wings ini memiliki aroma sangat lembut, harum tapi tidak menyengat alias wanginya ringan. Aromanya seragam baik untuk shampoo dan conditioner. Sedangkan hair vitamin-nya agak sedikit lebih wangi. Teksturnya sama seperti produk perawatan rambut kebanyakan, begitu pula dengan cara pakainya (bisa dilihat pada bagian belakang kemasan).

Pertama kali saya hanya pakai shampoo-nya saja. Kesan yang saya dapat adalah rambut dan kulit kepala menjadi bersih karena saya memakainya sesuai cara pakai. Selain itu rambut terasa lembut dan ringan, apalagi aromanya yang sangat lembut dan menenangkan.

Hari berikutnya saya pakai shampoo dan conditioner. Aplikasikan conditioner pada rambut yang telah dibilas dari busa shampoo, dimulai dari tengah batang rambut hingga ke ujungnya, kemudian bilas lagi hingga bersih. Setelah rambut mengering baru terasa bahwa dengan pemakaian conditioner rambut menjadi lebih lembut dibandingkan jika hanya memakai shampoo saja. Kelembutannya bisa bertahan hingga 24 jam.

Terakhir saya mencoba serangkaian perawatan shampoo-conditioner-hair vitamin. Cara pakai hari vitamin adalah dengan menuangkannya ke telapak tangan kemudian usapkan ke ujung rambut setengah basah secara merata.

perawatan rambut alami

Perawatan Rutin untuk Hasil Terbaik

Karena ini baru pertama kalinya saya pakai hair vitamin rasanya benar-benar surprise. Rambut jadi lembut banget, halus dan mudah diatur. Kalau lagi di rumah rasanya saya pengin terus menyentuh rambut ini. More Surprisingly ketika bangun tidur rambut masih wangi, lembut dan tetap kelihatan rapi. OMG, kenapa enggak dari zaman remaja ya saya pakai hair vitamin????

Tidak ada masalah yang berarti ketika menggunakan produk Emeron Complete Hair Care seperti rambut kering, kulit kepala gatal ataupun muncul ketombe. Intinya saya merasa Emeron cocok dengan kondisi rambut saya yang semula kasar menjadi lebih halus, serta wanginya yang memang saya suka. Pakai Emeron serasa baru pulang dari salon setiap hari :).

Ok, fix. Mulai sekarang saya mau pakai Emeron Complete Hair Care secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian tahun menanti keajaiban, akhirnya bisa juga punya rambut yang halus dan tetap rapi meski baru bangun tidur. Ternyata kuncinya ada di shampoo, conditioner dan hair vitamin yang sesuai untuk rambut.

perawatan rambut alami

Rangkaian perawatan rambut Emeron ini bisa dibeli di supermarket, saya sendiri membelinya di Carrefour. Atau bagi yang senang belanja online bisa langsung ke JD.Id dan pilih sendiri varian Emeron Complete Hair Care yang diinginkan. Harganya pun terjangkau, untuk satu paket bundling hanya Rp. 34.000 saja dan bisa dapat sebuah tas cantik. Lebih hemat, enggak ribet dan berhadiah pula 😛

Tips Perawatan Rambut Alami untuk Rambut Berketombe dan Rontok

Memilih shampoo yang cocok di rambut kita memang susah-susah gampang. Ada shampoo anti-ketombe yang ampuh menghilangkan ketombe tapi bikin rambut jadi kasar dan rontok. Ada juga shampoo untuk melembutkan rambut tapi malah bikin ketombean.

Rangkaian Emeron Complete Hair Care memang belum tersedia untuk rambut rontok dan ketombe. Tapi kita bisa mencegahnya dengan cara-cara berikut :

Rajin Keramas

Cucilah rambut menggunakan shampoo sesuai dengan anjuran yang ada pada kemasan di bagian cara pakai. Idealnya keramas setiap hari atau setidaknya 2 hari sekali. Jika terlalu lama tidak membersihkan rambut maka rambut dan kulit kepala akan berminyak, kemudian seperti kotoran yang menimbun maka ketombe akan menjelma.

Bagi wanita berhijab maupun tidak berhijab, rajin keramas itu perlu. Memakai hijab dapat membuat kulit kepala berkeringat dan lembab, dalam waktu lebih dari 6 jam saja sudah bisa membuat kulit kepala menjadi kotor kembali. Apalagi bagi yang tidak berhijab, makin cepat lagi kotoran menempel pada rambut dan kulit kepala.

Gunakan Conditioner Secara Tepat

Cara pakai conditioner adalah ketika rambut masih basah, dimulai dari bagian tengah rambut hingga ke ujung. Hindari penggunaan conditioner pada kulit kepala, selain dapat membuat rambut lepek juga bisa menyebabkan munculnya ketombe jika kurang bersih saat membilas.

Memijat Kulit Kepala, Bukan Menggaruk

Mungkin kita pikir dengan menggaruk-garuk kulit kepala ketika keramas bisa membuatnya jadi lebih bersih. Cara ini kurang tepat, karena menggaruk bisa mengakibatkan kulit kepala menjadi kering, gatal, bahkan iritasi.

Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Sebenarnya kerontokan rambut adalah hal yang wajar selama jumlah kerontokannya tidak parah misalnya sekali rontok bisa segenggaman tangan. Sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu kencang, kasihan rambutnya. Ketika kuncirnya dibuka bisa-bisa banyak rambut akan ikut lepas dari kulit kepala.

Dan ketika tidur sebaiknya rambut tidak diikat, melainkan digerai satu arah misalnya ke atas atau samping. Untuk memberikan ruang gerak kepada rambut agar, hitung-hitung rambut mendapat udara segar, lah.

Kerontokan bisa juga karena kondisi rambut rapuh akibat zat kimia dan penggunaan alat penata rambut seperti dicatok. Emeron Nutritive Shampoo Damage Care yang diformulasi untuk rambut rapuh, bisa digunakan sebagai produk perawatan rambut sesuai aturan pakai.

***

Ok gengs, panjang banget ya ulasan tentang rambut ini. Soalnya memang gemas banget kan sama rambut yang bandelnya minta ampun, susah diatur maunya berantakan melulu. Jadi kesimpulannya kalau mau punya rambut indah itu ya enggak cukup dengan keramas sama berdo’a aja. Harus ada effort lebih. Bagi yang berduit mungkin bisa sering ke salon untuk creambath dan hair spa. Tapi bagi yang sedang berhemat bisa melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan conditioner dan hair vitamin yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

Asal dilakukan secara teratur, saya yakin rambut kita akan menemukan sisi indahnya masing-masing. Mungkin ini terdengar klise, tetapi “Rambut adalah mahkota wanita” memang benar adanya. Makanya harus selalu kita pelihara kesehatan dan keindahannya, tak terkecuali bagi rambut yang tertutup oleh hijab. Jangan lupa untuk selalu #DengarkanRambutmu dan #CobaEmeron.

  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  

51 thoughts on “Perawatan Rambut Alami Dengan Emeron, Senantiasa Sehat Meski Tak Terlihat

  1. Feby Kemala says:

    Aku banget si rambut ngembang, susah diatur, rontok dan selalu mendambakan kek perempuan lain punya rambut yg indah hihi πŸ˜‚ overall sangat useful bgt isi blognya, tengkiu tante!

  2. Melinda Niswantari says:

    Rambut aku itu cenderung kering dan rontok sometimes ketombean juga, duuuh kok complicated banget ya masalahnya 😦 Tapi bener juga sih shampo ketombe itu rat-rata bikin rambut kering dan kaku, ini pengalamanku sih. Jadi emang harus di imbangi dengan masker ramabut, vitamin or creambath hehe.

    Btw tipsnya udah aku praktekin sih, pakai conditioner yang males hahaha

  3. Devi darnita says:

    Baca artikel ini jadi kesindir krn masalah rambut aku banget yg kusam dan rontok. Gak pernah mikirin masalah rambut toh tertutup hijab, sampai akhirnya suami protes ko rambutnya rontok bgt si? Dari situ mulai perawatan sendiri dirumah pake conditioner dan vitamin rambut. Alhamdulillah semua jdi lebih baik 😊

  4. Mardiah says:

    karena pakai hijab jadi nggak terlalu mikirin rambut, tapi setelah sadar kasian rambut jadinya rontok parah dan ngembang juga sih. kasian jadi nggak sehat rambutnya πŸ™ kayanya aku mau coba pake rangkaian emeron complete hair care biar lebih terawat..

  5. Amallia Sarah says:

    Aku Jadi penasaran pengen coba varian lainnya. Dari Emeron. Selama ini aku pakai yang kemasan warna pink, selain suka sama warna kemasan nya wangi nya juga favorit aku banget hehehe. Perawatan ala salon di rumah Yarm bakso jadinya.

  6. Okti Li says:

    Iya buat kita yg berhijab rambut harus tetap sehat meski tidak terlihat. Setuju itu. Karena kebersihan sebagian daripada iman. Iman juga tidak terlihat kan ya? Hehehe… Hubungannya apa ya?

  7. Ade UFi says:

    Wah baru tau loh kalau stress bisa bimin rambut rusak. Mgkn krn terpusat ke otak kali ya.. aah sok ngubung2in.. xixii..

    Tapi ada emeron lumayan terbantu ya dlm hal perawatan rambut.

  8. gita siwi says:

    Maksud judulnya apa tuh kak nggak terlihat hehe. Ini brand udah lama ya tapi aku belum pernah coba sih xixixi. Nice info kak nggak ikat rambut terlalu kencang deh

    • Dzulkhulaifah says:

      Maksudnya rambut yang tertutup hijab Mbak Gita, bukan rambut ghaib hahahahaa. Ikat rambutnya jangan juga pakai karet gelang ya, karena bisa bikin rontoknya makin parah.

  9. Elly Nurul says:

    Jadi pengen coba emeron mba.. belum pernah pakai shampoo ini, rambutku cenderung rontok nih… bisa karena ikat
    rambut terlalu kencang juga karena jarang pakai conditioner and vitamin untuk kulit kepala 😦

  10. Anis Khoir says:

    Saya juga termasuk geng ikat rambut Mbak karena saya jarang sekali menggerai rambut alasannya bukan karena takut rambut jelek tapi biar tidak gerah

    Sekarang perawatan rambut dengan Emeron sudah lengkap sekali sehingga lebih memudahkan pemakai produk Emeron merawat rambutnya sehingga rambutnya tidak rapuh dan sehat

  11. Dewi nuryanti says:

    Rambutku termasuk rambut yg mengembang dan susah diatur. Sdh coba pakai berbagai macam produk perawatan rambut tp blm ada yg cocok. Baru tahu juga kalo Emeron punya serangkaian produk perawatan rambut utk mengatasi rambut yg kaku dan rusak.

  12. Nia K. Haryanto says:

    Wah iya, sejak pemakaian pertama udah kerasa. Aku punya rambut kaku dan gak bisa diatur. Dengan pake Emeron Soft Smooth, dengan 3 langkahnya itu, sekarang rambutku sedikit berubah lembut. πŸ˜€

  13. Nova Violita says:

    Baru tau tekanan psikologis atau stress juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut…

    Nah..kadang aku juga berpikiran sama…males ah..sisiran kan udah ketutupan hijab, apalagi buru2…bener begitu buka jilbab..buka kunciran rambut jadi megar jelek banget…

    Kayaknya juga butuh Emeron nih..

  14. April Hamsa says:

    Ngobrolin rambut aku jg sedih mbak, rambutku rusak jg, ini pengen banget aku potong cepak dan mulai dr awal merawat rabut hehe.
    Wah murah banget paket perawatan rambut Emeronnya, udah lengkap 3 produk dan dapat satu tas gtu ya? Kirain selama ini harganya 50 rb ke atas lho hehe TFS infonya.

    • Dzulkhulaifah says:

      Iya jadinya kita bisa milih variannya sesuai dengan masalah rambut yang kita alami. Dan karena varian dibuat terfokus makanya jadi efektif digunakan masing-masing rambut yang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *