menu berbuka puasa

Menu Berbuka Puasa yang Menjadi Primadona

Hello gengs, gimana puasanya? Lancar? Kehadiran bulan suci Ramadhan yang selalu dinantikan tak bisa lepas dari berbagai menu berbuka puasa yang amat beragam jenisnya. Masya Allah di sepanjang jalan kalau ke luar rumah pas jamnya ngabuburit, tiap radius 10 meter ada penjual makanan berbuka. Dan tak ada satu pun pedagang yang menganggur, semua sibuk melayani pembeli. Sungguh bulan yang penuh berkah.

Ada masa-masa di mana saya pernah kalap setiap menjelang berbuka. Semua makanan yang di jual di pinggir jalan itu rasanya ingin dibeli, karena semuanya kelihatan menggoda dan “kayaknya enak deh buka pakai itu”. Tapi tahun ini saya cuek, kadang beli kadang enggak. Dan karena saya tinggal di rumah Ibu, tiap hari selalu ada saja yang nganter makanan untuk beliau. Bisa dari para tante atau para kakak saya. Alhamdulillah tiap hari kebanjiran menu berbuka. Dari gorengan, kue-kue, buah-buahan sampai lauk pauk.

Apa Menu Berbuka Puasa Favoritmu?

Banyak hidangan unik setiap bulan Ramadhan. Ada yang benar-benar hanya tersedia di bulan puasa saja, dan sulit ditemui penjualnya selain bulan Ramadhan. Misalnya timun suri, cincau, manisan kolang kaling dan kolak. Tapi ada juga makanan atau minuman yang dijual sehari-hari kelihatannya biasa-biasa, eh pas bulan puasa mendadak jadi primadona.

Kelapa Muda

menu berbuka puasa

Photo : pixabay.com

Puasa sudah 3 minggu berlalu, minuman berbuka saya belum pernah berubah sejak hari pertama yaitu es kelapa. Biasanya saya beli kelapa muda yang dagingnya sedang (enggak terlalu muda) lalu di rumah ditambahkan es batu dan sirup. Kadang ditambah sari kelapa dan cincau juga. Pedagang kelapa muda kelihatan lebih ramai pembeli berkali-kali lipat selama bulan puasa. Mungkin es kelapa terasa lebih segar di tenggorokan, ya. Makanya saya selalu pilih es kelapa sebagai menu buka puasa saya.

Ada satu kedai es kelapa di dekat tempat tinggal saya yang setiap Ramadhan selalu tambah personil 3 kali lipat. Biasanya jualan berdua, sekarang berenam. Itu pun masih keteteran loh, apalagi kalau jam sudah menunjukkan pukul 4 sore ke atas. Waw.

Sop Buah

Sama seperti es kelapa, penjual sop buah sungguh bernasib baik di bulan puasa. Seharian berpuasa tentu tubuh kita butuh dikasih yang manis dan segar. Nah ini bisa didapat dari sop buah yang terdiri dari beraneka buah seperti alpukat, blewah, melon, pepaya, apel dan buah naga. Yummy!

Gorengan

Selama bulan puasa kayaknya setiap orang mendadak jadi penjual gorengan, ya nggak sih? Soalnya yang jualan gorengan jadi banyaaak banget. Dan kalau pembeli sudah datang bisa-bisa penjualnya enggak kelihatan saking ramai ketutup orang-orang.

menu berbuka puasa

Photo : pixabay.com

Dalam bulan Ramadhan penjual gorengan buka pada jam biasanya tapi tutup lebih cepat, karena tentu saja orang-orang membeli gorengan untuk menu berbuka puasa. Lalu kenapa ya setiap bulan puasa kok jadi jarang dijual ubi dan pisang gorengnya? Apa karena ubi ketela dan goreng pisang itu lebih lama daripada bakwan? Ataukah bahan bakunya susah dicari? Entahlah.

Asinan

Ehem, menu favorit saya nih. Sejak kecil saya suka banget asinan sayur, karena pada dasarnya saya memang suka sayur mayur sih. Hari-hari biasa memang agak jarang yang jual asinan tapi saya mah kalau lagi pengin ya nyari deh meski harus pergi jauh. Haha.

Nah selama Ramadhan yang jualan asinan enggak kira-kira jumlahnya dan cepat banget habis. Di kedai asinan langganan saya tiap jam 4 sudah habis loh, laku banget. Sudah pun jadi mahal gitu sekarang harganya, perasaan tahun lalu seporsi masih Rp. 6.000, sekarang udah Rp. 10.000 aja.

Ada lagi penjual lainnya yang berjarak kurang dari 100 meter saja dari kedai yang tadi. Kalau dari arah rumah saya, dia jualannya di kanan jalan. Tiap lewat situ saya pasti lagi mau beli gorengan dulu, “nanti balik dari beli gorengan mau mampir beli asinan”. Maksud hati sih biar enggak usah nyeberang dulu, soalnya ribet jalanan ramai banget. Tapi tiap ke arah pulang asinannya sudah ludes. Padahal beli gorengan paling seberapa lama sih? Ya ampun!

***

Tulisan ini merupakan respons untuk Collaborative Blogging kelompok Siti Nurbaya yang kali ini bertema kuliner Ramadhan. Baca deh makanan dan minuman apa saja sih yang jadi favorit di bulan Ramadhan ini dalam tulisannya Mak Yunita Tresnawati yang berjudul Kuliner Ramadan yang Khas dan Dirindukan, hati-hati ngiler yaaa.

Lebih dekat dengan Mak Yunita bisa langsung aja gengs, meluncur ke blognya di greenyunita.com.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

20 thoughts on “Menu Berbuka Puasa yang Menjadi Primadona

  1. Sara Neyrhiza says:

    Beneran saya kok gak punya menu buka puasa favorit ya..dapaet teh hangat aja udah bahagia banget..

    saya paling minum teh sama ngemil wafer..itu jadi menu buka puasa andalan, sebelum ke makan besar

  2. Septia says:

    Menu favoritku pas buka puasa cukup teh manis hangat saja udah seger bangeet di tenggorokan. Tapi gak nolak kalo ada menu2 lain yg disuguhkan hehe…

  3. Septia says:

    Meny favoritku pas buka puasa cukup teh manis hangat saja. Itu udah bikin dahaga hilang. Tapi gak nolak juga sih kalo ada menubyang lebih komplit. Hehe

  4. Valka says:

    Kayaknya kalau gorengan makanan buka puasa sejuta umat ya wkwk aku juga suka buka pake itu. Kenapa jarang ada pisang goreng/ubi? Menurutku bukan karena susah dicari, tapi lebih ke selera sih. Rata2 orang kalau berbuka pengenjya makan tahu isi, risol, tempe sama bakwan, tapi sedikit yg pengen buka dengan pisang goreng/ubi/singkong.

  5. Innova Carolina says:

    walaupun ngga puasa saya juga suka ikutan beli makanan berbuka puasa soalnya emang makanannya menunya asik dan enak enak, apalagi hanya dijual di bulan ramadan saja. habis lebaran ga ada lg yang jualan hehe

  6. Echi mustika says:

    Data diatas semuanya aku suka tapi kalo disuruh pilih duka gorengan dan lontong saja, ngga bisa langsung makan nasi perut pegah banget

  7. Maria says:

    Kelapa muda itu luar biasa segarnya kalau habis puasa. Ngga terlalu manis tapi bermanfaat buat tubuh yg ngga ketemu makanan dan minum seharian. Sedap.

  8. Tukangjalanjajan says:

    Kalau aku suka ama gorengan dan kelapa muda sih. Seger seger manja. Kelapa muda dengan lemon dan madu plus batu es Pas segernya. Tambah lagi gorengan kroket ama tahu isi. Mantap!

  9. Elva Susanti says:

    Bikin ngiler mbakkk. Saya yang biasa jadi menu berbuka es kelapa muda campur jeruk. Selain seger juga menyehatkan karena ada jeruknya. Kalau gorengan paling dua atau tiga minggu sekali dan itupun dua gorengan maksimalnya.

  10. Dini says:

    Semua yang disebutin di atas favorit saya semua. Kalap kalo mau buka nyiapin ini itu. Begitu buka, baru minum es teg segelas udah kembung.

  11. April Hamsa says:

    Gorengaaaaan hahaha. Entah kenapa pas Ramadan, pas dimakan saat buka puasa, rasa gorengan tu jd enak banget. Btw dirimu kelupaan sebut satu menu lagi, mbak, yaitu kolak hehehehe 😀

  12. Ida Tahmidah says:

    Hahaha kayaknya memang semuanya favorit berbuka banget ya.. samaan soalnya. Terutama gorengan hihi padahal dulu saya sering komplain kalau keluarga pengen gorengan terus..eh sekarang saya malah pengen ada gorengan deuh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *