potensi diri

Perempuan Perlu Mengenali dan Menemukan Potensi Diri

Bulan Oktober ini ada teman saya yang akan melahirkan anak kelima. Sejak bulan lalu ia request dijahitkan outer, katanya akan dipakai untuk beraktivitas pasca melahirkan nanti. Ia pengin baju yang nyaman dikenakan karena perlu membawa bayi serta harus menyusui ketika ada blogger event. Ya, teman saya adalah seorang blogger sekaligus penulis novel juga. Alhamdulillah dikaruniai banyak anak dan tetap aktif serta mengerti betul potensi yang ada di dalam dirinya.

Saya sebagai temannya merasa senang dua kali lipat. Pertama, senang melihat orang lain yang selalu aktif dengan kegiatan pribadinya namun juga keluarga tetap terurus. Apalagi kalau yang anaknya banyak, ya. Sementara banyak ibu-ibu yang baru punya anak satu, keluhannya rata-rata “Baru punya satu saja rasanya sibuk banget.” Emmm, ya itu termasuk saya sih :P. Kedua, saya senang karena dia pesan bajunya sama saya. Hehe, iya dong, saya jadi ada pekerjaan lain diluar mengurus rumah dan menulis. Sekaligus juga ingin mengembangkan potensi diri.

Sebagai ibu muda, rasanya ada banyak hal yang ingin saya lakukan selain mengurus keluarga. Sekarang sih kayaknya masih ada banyak waktu luang karena anak belum sekolah. Sehari-hari lebih banyak waktu saya habiskan di rumah bersama anak. Saya membayangkan satu atau dua tahun kedepan ketika anak sudah mulai sekolah, harus antar jemput setiap hari, akankah saya hanya puas dengan predikat macan ternak?

Macan ternak atau kependekan kata dari Mama Cantik Anter Anak ini kerap digunakan kalangan ibu-ibu yang sehari-hari mengantar dan menjemput anak di sekolah. Saya belum berada di fase ini, jadi enggak tahu bagaimana rasanya. Yang pasti sih saya ingin tetap memiliki banyak kegiatan untuk mengembangkan diri saya.

Ide ini muncul setelah saya mengikuti sesi Talkshow pada acara “So Klin ‘Bright is You’ Pop Up Market” di Exibithion Hall Grand Indonesia, Jakarta, pada tanggal 30 September 2018. Acara ini sekaligus juga untuk memperkenalkan So Klin White & Bright (varian baru dari So Klin Liquid).

potensi diri

Selain itu So Klin dari Wings Group menyelenggarakan acara ini dengan tujuan untuk mendorong perempuan Indonesia berani mengapresiasi diri sebagai bentuk menghargai dan mencintai diri sendiri. Karena sesuai dengan misinya yaitu “Empower Women”, So Klin sangat mendukung kita menemukan potensi diri agar bisa berdaya di masyarakat. Sebagai ibu yang telah memberikan segalanya kepada keluarga kita perlu untuk meningkatkan kesejahteraan hidup, memperbaiki kualitas hubungan dengan orang lain baik itu teman, saudara, anak, pasangan, hingga khalayak luar di media sosial.

Dikatakan oleh Ibu Henny E. Wirawan M. Hum (MWS), seorang psikolog dan psikoterapis, “Faktanya saat ini masih banyak perempuan yang belum mampu mengapresiasi dirinya sendiri, sehingga lebih sulit untuk mampu mengapresiasi orang lain.” Makanya kesejahteraan dan kualitas hidup bisa bisa berawal dari bagaimana kita mengapresiasi diri kita sendiri.

Kegiatan yang berlangsung selama Pop Up Market diantaranya ada talkshow, workshop kerajinan tangan dan pameran aneka kerajinan dari OKainku, KaInd, Butikbebiku, Ophyus, Rumamanis dan masih banyak lagi.

Potensi Diri Bisa Ditemukan Oleh Diri Sendiri atau Orang Lain

Pada sesi talkshow So Klin menghadirkan 3 orang public figure yang memiliki pengalaman unik dalam menemukan dan mengembangkan potensi diri. Mereka adalah Medina Kamil—seorang presenter acara petualangan, Indy Barens—seorang artis dan presenter, serta Nana—pemilik brand fashion Okainku.

Saya paling tertarik dengan pengalaman Indy Barens yang sebenarnya sudah sering kali diliput oleh media. Bahwa dahulu artis mungil ini adalah seorang pekerja kantoran yang kemudian secara tak sengaja nyemplung di dunia broadcasting sebagai penyiar radio. Yang perlu digarisbawahi adalah, awalnya Indy Barens enggak yakin dengan tawaran menjadi penyiar. Tapi ada orang lain—Meuthia Kasim, sahabatnya—yang pada saat itu melihat potensi tersebut di dalam dirinya.

Kemudian seiring berjalan waktu, Indy Barens merasa bersyukur pernah ditemukan oleh Meuthia Kasim. Ia mengatakan,”Seandainya saya enggak percaya dengan apa yang dikatakan oleh Meuthia Kasim saat itu, mungkin sekarang saya sudah jadi ibu-ibu yang cuma bisa di rumah saja.” Karena ternyata apa ia sangat menyukai apa yang menjadi profesinya ini, dari dulu hingga sekarang.

Lain cerita dengan Medina Kamil yang memang sengaja melamar di posisi presenter. Namun dirinya sempat enggak menyangka juga akan membawakan acara Jejak Petualang yang terkenal banget itu, secara saat itu Medina masihlah anak baru. Saat menjalankan tugas Medina bahkan pernah hilang dan terdampar saat menjalankan tugas ke Papua. Sempat merasa down tapi berhasil bangkit kembali. Saat ini Medina tengah asyik menjalankan sebagai ibu dua anak, sembari mengelola bisnisnya.

Sedangkan Nana yang kini lagi seru-serunya bersama Okainku memadukan kain lurik dengan konsep modern yang hasilnya keren banget. Semuanya berangkat dari hobi dan passion. Karyanya sangat unik yaitu outfit multifungsi, yang bisa digunakan dengan beberapa cara. Seperti yang diperagakan oleh Medina Kami dan Indy Barens, merupakan produk Okainku yang bisa dikreasikan sampai dengan lima kali cara pakainya. Amazing!!

potensi diri

Jadi potensi diri bisa kita temukan, baik oleh diri kita sendiri maupun oleh orang lain.

Tips Mengenali dan Mengembangkan Potensi Diri

Meskipun potensi di dalam diri kita bisa dilihat dan ditemukan oleh orang lain bukan berarti kita harus menunggu saat itu datang. Ada tips untuk mengenali kelebihan diri sendiri yang disampaikan oleh Ibu Henny, dengan kata kunci sebagai berikut : I am, I can, I have.

I am. Kita adalah orang yang paling mengerti tentang diri kita sendiri. Apa yang disuka dan tidak disuka, apa yang membuat diri kita nyaman dan tidak nyaman, apa yang paling kita kuasai serta yang tidak, dan seterusnya.

I can. Mengenali kemampuan diri setelah mengerti betul siapa diri kita sebenarnya. Para ibu bisa menuliskan dalam bentuk list apa saja kemampuan yang dimilikinya. Apakah ia mampu menulis, menggambar, pandai bicara di depan umum, sangat mengerti teknologi dan sebagainya.

I have. Kenali semua yang kita miliki dan mensyukurinya. Memiliki anak-anak yang sehat dan cerdas, alhamdulillah. Memiliki laptop untuk menulis, maka menulislah. Punya kamera untuk yang hobi foto-foto, maka teruslah memotret.

Ketiga poin di atas bisa menjadi daftar kekayaan lahir dan batin yang akan membuat para ibu sadar, bahwa kita amatlah berharga dan patut diapresiasi. Langkah selanjutnya adalah mengenali kekurangan diri, tapi bukan untuk diratapi. Melainkan untuk diperbaiki serta ditingkatkan lagi kemampuannya. Setelah itu lakukanlah sesuatu yang sesuai dengan apa yang kita bisa dan yang kita miliki.

So Klin White & Bright Sahabat Perempuan Aktif

Selesai sesi talkshow saya dan teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger berfoto bersama di depan dinding colourful yang disediakan. Area ini sengaja disiapkan oleh tim So Klin agar pengunjung bisa berfoto dengan latar colourful and fun.

potensi diri

Oh ya semua blogger pun mendapatkan goodie bag yang berisi paket So Klin White & Bright. Besoknya langsung saya pakai untuk mencuci pakaian.

So Klin White & Bright cairannya kental berwarna biru, diciptakan dengan teknologi Optical Brightener yang menggabungkan deterjen dengan formula khusus, sehingga mampu menghilangkan noda berat sekaligus mencerahkan warna pakaian. Jadi kalau biasanya kita suka memisahkan pakaian putih dengan berwarna karena perlu menggunakan deterjen yang berbeda, sekarang enggak perlu lagi deh.

Saya menggunakan mesin cuci, sebelumnya pakaian direndam selama 30 menit. Setelah proses mencuci, air cuciannya berubah menjadi sangat kotor. Atinya semua noda dan kotoran terangkat. Lalu menggunakan So Klin White & Bright ini enggak banyak busa yang dihasilkan serta enggak ada sisa-sisa deterjen pada pakaian. Jadi pas proses bilasnya cepat banget, saya suka.

potensi diri

Wujud So Klin White & Bright dalam ukuran raksasa. Ada si Hammam mau foto sama botol 😛

Untuk noda pernah saya coba pada pakaian anak yang terkena sepidol dari Faber-Castell Colour to Life. Hasilnya sip! Noda hilang dan pakaian bersih seperti sedia kala.

Dengan keahliannya menghilangkan kotoran dan noda, serta busanya yang sedikit dan tak meninggalkan sisa detergen pada pakaian, fix ini detergen idamannya ibu-ibu. Apalagi para ibu yang punya segudang kegiatan setelah mengenali potensi dirinya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

23 thoughts on “Perempuan Perlu Mengenali dan Menemukan Potensi Diri

  1. Aan says:

    Sungguh bahagia jika perempuan mampu menggali potensi diri, karena yg pertama merasakan faedahnya adalah suami dan anak2nya.. Boleh nih kak kapan waktu aku pesan bikin baju sama kakak 🙂

  2. amanda says:

    iya mbak. terkadang saya juga merasa kalau potensi diri yang saya miliki justru ditemukan oleh orang yang ada di sekitar saya. saya sendiri pernah tidak menyadarinya gitu lho. jadi sekarang berusaha aja selalu mengembangkan potensi yg ada di diri kita dan berusaha menjadi seseorang yang bermanfaat ya mba

  3. Okti Li says:

    Potensi diri itu ada yang sejak awal sudah diketahui ada yang justru di saat-saat terakhir batu ketahuan. Disitu kita perlunya bersosialisasi dan berteman ya, karena tidak menutup kemungkinan potensi yang ada dalam diri kita justru ditemukan oleh teman atau orang lain…

    Senang bisa mengetahui kisah inspiratif dari tokoh terkenal. Eh lebih senang lagi dapat produk So Klin juga ya, hehehe…

  4. Tukang Jalan Jajan says:

    Potensi diri selalu terlupakan karena dipaksa untuk mengejar hal lain dan lupa dikembangkan padahal klo bisa dimunculkan bisa jadi luar biasa dampaknya. bisa bikin hal yang ngga masuk akal jadi berhasildan mumpuni

  5. Fenni Bungsu says:

    Sebagai perempuan yang sering dikatakan memiliki power menakjubkan sangat perlu mengenali dan menemukan potensi diri, karena dengan begitu apa yang dikerjakan bisa menghasilkan sesuatu yang tak terduga

  6. Annafi says:

    Aku paling semangat kalau baca dan isi kuis tentang potensi diri, pingin tau apa aja yg aku bisa dan menjadi sosok yg lebih baik tiap harinya ^^

  7. Fillyawie says:

    Senang jika kita bisa mengetahui potensi diri kita dari sedini mungkin, ada banyak waktu yang bisa dijadikan kesempatan sebagai trial and error ya. Tapi kalaupun agak telat nemu nya tetap senang juga sih. Karena nggak ada kata terlambat untuk kebaikan ya mbak.

  8. Hanni Handayani says:

    saya juga punya masalah dengan noda, kadang klo suka masak ga sadar kecipratan sama bumbu . suka pake beberapa pembersih ga bersih-bersih. nanti saya coba mba so klinnya buat bersih bersih

  9. Milda Ini says:

    Aku salut sama emak2 anak banyak tapi bisa juga memberikan buat orang lain. Kalo dia cuma fokus ama anaknya aja. Aku sih ga salut , hihihi. Tapi sebaliknya. Salut sama yang sibuk tapi tetap menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *