casio my style

Kalkulator Casio My Style, Colorful dan Membangkitkan Mood

Bukan cuma ceritanya Dilan-Milea saja yang bikin emak-emak merasa gemas  tingkat nasional. Warna-warni lucunya kalkulator Casio My Style juga menggemaskan banget, gengs. Yes, Casio me-launching produk kalkulator dengan 10 varian warna! Kan, pelangi aja warnanya cuma ada 7 loh 😀

Kalkulator Casio yang kekinian ini baru lauching bulan September 2017 lalu. Saat digelar gathering-nya pada bulan Desember saya hadir ikut meramaikan, pakai baju pink. Enggak biasa-biasanya amat lah pakai baju warna pink. Soalnya dress code untuk acara Casio My Style Blogger Gathering ini adalah colorful and fun. Berhubung saya juga enggak punya baju warna warni ceria gitu, ya sudah akhirnya beli kain dulu lalu jahit semalam suntuk.

Gathering dilangsungkan pada hari Selasa tanggal 19 Desember 2017 di Harlequin Bistro, Jl. Kemang I No. 10A-10B Jakarta. Sesuai dengan temanya, ruangan cafe disulap menjadi colorful and fun. That was my first time came to a gathering event those much of colors.

casio my style

Selain penuh warna juga dilengkapi dengan beberapa photo booth, mulai dari booth yang paling colorful berisi sticky notes, booth dengan tema vacation, beauty and business. Setelah registrasi saya langsung mendapatkan goodie bag dan nomor undian—nomor 16. Lalu dipersilakan duduk pada tempat yang sudah ditentukan, ada namanya pula.

And I saw Diana Rikasari—sang pembicara untuk acara ini, sudah datang. Beliau adalah blogger famous di balik blog ‘hot chocolate & mint’, yang pada tahun 2011 dan 2012 menjadi blog dengan pengunjung terbanyak menurut IndonesiaMatters.com. Cakeeeep! How did she get it? Penasaran saya.

Sebelum acara dimulai para undangan agak gaduh membuka goodie bag masing-masing. Rupanya bingkisan cantik itu berisi kalkulator. And guess what? Isinya kalkulator Casio My Style warna pink. Paaaas banget sama kostum saya hari itu. I’m not a pink lover, tapi asli deh warna kalkulator ini lovable banget sampai bikin ngiri teman blogger yang semeja dengan saya, Mbak Waya Komala. Doi bilang “Mau tukaran enggak sama punyaku? Kamu enggak cocok pakai warna itu…” Haahahahaha. Apapun akan saya pertaruhkan demi si pinky ini, Mbak.

Simple Thing Colorful Impact

Adapun tujuan Casio mengundang para blogger dan media, selain untuk memperkenalkan colorful calculator sekaligus menjalankan campaign “Little Things to Boost Mood and Productivity”. Rupanya menurut penelitian warna-warna ini bisa memberi dampak secara psikologis, gengs. Meja kerja yang dilengkapi dengan aksesoris warna-warni dan tertata rapi dapat meningkatkan mood, produktivitas serta efisiensi waktu.

Baca juga : Mood Booster dengan Me Time

Warna juga dipercaya memiliki pengaruh yang kuat kepada persepsi kita terhadap suasana atau lingkungan. Misalnya nih, sebuah restoran yang lampunya agak kekuningan akan kita anggap sebagai tempat yang romantis untuk dinner dengan pasangan. Atau kedai makan berlampu terang dan cat dinding warna biru, cocok banget untuk nongkrong bareng sahabat.

Jadi seperti itulah Casio menciptakan kalkulator kekinian yang warna-warni. Agar kita bisa mengekspresikan diri melalui warna-warna yang kita pilih, juga memiliki persepsi tersendiri untuk pilihan tersebut. Dan tentunya bikin kita makin semangat beraktivitas, apalagi yang ada hubungannya dengan hitung-menghitung. Meskipun berat bebannya para ibu-ibu menghitung pengeluaran, tapi tetap ya berbinar-binar waktu menghitung pemasukan. Eeaaa.

casio my style

Seperti yang disampaikan oleh Sales Director PT. Sahabat Utama (distributor resmi Casio di Indonesia), Bapak Eric. Bahwa, “Kalkulator sekarang sangat related dengan lifestyle dan personality seseorang. Serta menjadi tools yang menunjang aktivitas manusia, selain smartphone dan laptop.

So far mungkin kita hanya menganggap kalkulator hanyalah sebuah benda biasa, sekadar alat hitung. Apalagi sebelumnya kalkulator selalu berwarna monoton, hitam atau abu-abu.Dengan hadirnya colorful calculator ini diharapkan bisa memberikan impact kepada penggunanya. Biasanya dapat berupa inspirasi yang akan lebih sering muncul. Atau juga hasrat untuk melakukan sesuatu yang sangat tinggi.

Kalkulator Casio Sudah Ada Sejak 60 Tahun Yang Lalu

Did you know? Casio pertama kali membuat kalkulator dengan ukuran sebesar meja. Kebayang enggak tuh, kalau sekarang masih sebesar itu ukurannya? Sempit amat ya, rumah kita? Meja makan aja pilih yang kecilan, ini lagi ditambah meja alat hitung. Ngabisin tempat 😀

Terinspirasi dari kalkulator listrik yang dipamerkan di Business Show pertama di Ginza, Tokyo pada tahun 1949, Kashio Bersaudara mulai menciptakan kalkulator sendiri. Hingga akhirnya pada tahun 1957 dirilis kalkulator model 14-A, yang ditandai dengan berdirinya Casio Computer Co. Ltd. Syukur ya sekarang kalkulator bentuknya sudah imut-imut. Jadinya gampang untuk dibawa ke mana-mana. Apalagi dengan warna-warni yang kece, bikin mood jadi bagus terus.

Pada kesempatan ini turut hadir Mr. Hirokazu Sato, perwakilan dari Jakarta Representative Office CASIO Singapore PTE LTD, untuk mempresentasikan colorful calculator Casio My Style.

Casio adalah perusahaan multinasional yang menghasilkan beberapa produk elektornik, salah satunya kalkulator. Nama Casio diambil dari The Kashio, yaitu Kashio Bersaudara yang menciptakan kalkulator 60 tahun yang lalu.

Untuk merayakan anniversary yang ke-60 ini Casio akhirnya merilis kalkulator Casio My Style yang cocok dengan gaya hidup kekinian.

Casio My Style – Nyaman Digenggam, Lancar Menghitung

Casio meluncurkan tiga jenis colorful calculator di Indonesia. Yaitu Casio MS-20UC, Casio  MS-7UC dan Casio SL-310UC. Ketiga tipe tersebut memiliki varian warna kekinian. Casio MS-20UC dan Casio SL-310UC terdiri dari 10 warna. Sedangkan Casio MS-7UC memiliki 6 warna.

Warna yang tersedia untuk Casio MS-20UC dan Casio SL-310UC adalah : hitam, biru, hijau, biru muda, pink, ungu, merah, oranye, kuning-hijau dan putih. Sedangkan Casio MS-7UC warna-warnanya adalah : biru, hijau, biru muda, pink, merah dan kuning-hijau.

kalkulator casio

Fitur My Style

Jika ada hal selain kenyamanan dan fungsi dari sebuah kalkulator maka itu adalah style. Zaman sudah berubah tapi kebiasaan menggunakan kalkulator belum hilang. Dengan adanya kalkulator yang boleh dibilang ‘gaya’ ini, sepertinya kebiasaan menggunakan kalkulator bakal long lasting.

Selain perbedaan varian warna dan ukuran antara Casio MS-20UC, Casio MS-7UC dan Casio SL-310UC, seluruhnya memiliki kelebihan yang sama. Berikut adalah spesifikasi kalkulator Casio My Style.

casio my style

Mini Desk Type (MS-20UC dan MS-7UC)

Adalah bentuknya dengan efek kemiringan pada layar display sehingga lebih nyaman di mata. Bagian bawah ada empat buah karet di tiap sudut agar tidak licin dan tidak mudah bergeser ketika digunakan di atas meja. Dua tipe ini memiliki ukuran dan ketebalan yang cukup karena direkomendasikan untuk penggunaan saat di rumah atau di kantor.

Casio MS-20UC memiliki dimensi 149,5 x 105 x 22,8 mm dan berat 110 gram. Sedangkan Casio MS-7UC berdimensi 120 x 85,5 x 19,4 mm dengan berat 70 gram.

Portable Type (SL-310UC)

Bentuknya benar-benar pipih dan lebih kecil dibandingkan dua seri lainnya. Hanya 118 x 70 x 8,4 mm saja, dengan berat 50 gram. Gengs, ini cukup banget loh dimasukkan ke saku kemeja.

Extra Large Display

Kalkulator Casio My Style terdiri dari 12 digit (MS-20UC) dan 10 digit (MS-7UC dan SL-310UC). Untuk yang 12 digit dilengkapi dengan tombol angka 00. Untuk perhitungan dalam jumlah besar tombol ini sangat membantu.

Function Command Sign on Display

Ketika sedang menghitung kemudian kita tekan tombol fungsi seperti (+) atau (x) maka tanda tersebut akan muncul di kanan atas. Sehingga tak perlu ragu lagi “Duh, tadi tekan tombol kali atau bagi, ya?”. Dengan begini proses menghitung pun bisa lebih cepat karena tidak perlu diulang-ulang.

Pernah enggak, lihat penjaga toko yang pakai kalkulatornya sampai tekan tombol fungsi berkali-kali? Mungkin biar yakin ya kalau dia sudah tekan tanda tambah atau tanda kali. Hahahaha. Dengan Casio My Style yang kayak gitu enggak perlu terjadi, buang waktu dan energi.

Tax Calculation

Terdapat fungsi kalkulasi tax atau pada penerapannya bisa juga untuk menghitung diskon. Caranya tinggal tekan tombol % (rate set) hingga layar berkedip lalu masukkan rate yang diinginkan (misalnya angka 10). Sekali lagi tekan %, then it’s done. Saat menghitung gunakan tombol TAX- atau TAX+ untuk mengurangi atau menambahkan dari angka yang diinput.

Fitur ini terpakai banget sama saya. Biasa, jiwanya pedagang sih.

Time Calculation

Ini adalah fitur terbaru dari sebuah kalkulator yang baru kali ini saya temui. Fungsinya untuk menghitung sisa waktu yang kita miliki sebelum melakukan aktivitas lain. Misalnya untuk meeting atau keperluan lain. Tekan tombol H/M/S (hour/minute/second) lalu masukkan jam meeting, kemudian dikurangi dengan jam saat ini. Maka hasilnya adalah waktu yang tersisa sebelum meeting dimulai.

Buibu, bagaimana? Enggak ada alasan terlambat lagi yaaa. Ini perhitungannya akurat banget, loh 😛

Two Way Power

Kalkulator Casio My Style didukung dengan dua sumber energi, yaitu energi cahaya dan baterai. Menjadikannya tetap awet dan bisa dioperasikan dalam jangka waktu yang panjang.

Key Rollover

Adanya jarak antar tombol memperkecil kemungkinan salah menekan angka meskipun menghitung dengan kecepatan yang cukup tinggi. Dengan begini maka pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Plastic Keys for Easy Operation

Tombol angka dan fungsi yang terbuat dari material plastik adalah pilihan yang tepat untuk penggunaan yang lebih mudah ketimbang tombol karet. Ada kah yang pernah punya kalkulator bertombol karet, terus karetnya suka sobek? Haha, itu sayaaaaa.

Profit Margin %

Seperti kalkulator kebanyakan, Casio My Style juga dilengkapi dengan fungsi persentase. Karena segala aspek kehidupan sering kali bersinggungan dengan untung-rugi 🙂

Fitur One Tone

Sengaja Casio meluncurkan kalkulatornya yang berwarna-warni, namun dalam satu kalkulator hanya terdiri dari dua warna saja. Yaitu warna dasar dan warna yang berbeda pada tombol AC (On) dan tombol C. Namun perbedaan warna ini tidak mencolok, melainkan masih diambil dari warna dasarnya. Misalnya warna kalkulator pink maka dua tombol yang berbeda tadi memiliki warna shocking pink.

Ergonomic Design

Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktikkan teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia. – Wikipedia-

Untuk memudahkan penggunanya, Casio My Style dibuat mengikuti kebiasaan manusia dan sesuai dengan kebutuhan. Seperti bentuknya yang pas digenggam tangan, sudutnya rounded agar lebih nyaman dipegang, serta ukurannya yang kecil.

Little Things to Boost Mood and Productivity

Gara-gara Casio Gathering ini saya tersadar akan satu hal. Betapa selama ini saya selalu mempertahankan warna hijau—warna favorit, memenuhi segala ruang dalam hidup saya. Tipis sekali perbedaannya antara tidak bisa move on ke warna lain, atau tidak berani mencoba warna-warni baru.

Suka sih boleh saja. Tapi mau sampai kapan, ya, saya selalu membeli benda-benda berwarna hijau? Di rumah semua sudah serba hijau. Dari warna cat dinding hingga tempat sampah. Dari kotak kosmetik sampai keranjang baju kotor. Semuanya hijau.

Coba lihat tuh, Diana Rikasari kok kelihatan hidupnya seru banget, ya… Setiap kali pakai outfit yang warna-warni. Kehadiran Casio My Style nampaknya bikin dia makin happy banget dan kreatif mix and match apapun yang ada di sekitarnya.

Menurutnya, warna-warni memang sangat berpengaruh besar. Ia sudah membuktikan sendiri bahwa benda-benda kecil di sekitarnya dapat memengaruhi suasana hati, kreativitas serta produktivitasnya dalam menulis. Banyak sekali ide-ide berdatangan ketika dirinya dikelilingi oleh benda berwarna-warni. Dan kalkulator Casio My Style telah banyak membantunya dalam urusan pekerjaan yang perlu perhitungan. Secara ya blogger famous, sudah tentu lah banyak kontrak ini itu yang mengandung rupiah.

Ini kok jadi nyambung banget ya sama hasil penelitian tentang warna yang sudah saya sebut di atas. Kreativitas dan produktivitas memang perlu untuk dirangsang agar mereka hadir menghampiri kita. Salah satunya dengan cara lebih dulu menghadirkan suasana colorful, inspirasi berdatangan kemudian 🙂

Pantas saja Diana berhasil menjadi salah satu Indonesia’s 100 Most Influential Youth, Women, Netizen (YWN) menurut The Marketeers & Markplus Inc., Inspiring Women of The Year menurut Wardah Cosmetics, dan masih banyak pernghargaan lainnya.

Gara-gara ngeblog juga akhirnya terbuka jalan bagi Diana untuk memiliki bisnis dan menulis buku. Buku karya Diana yaitu trilogi #88lovelife menjadi “Best Book of 2016” untuk kategori Non Fiction dari MPH Malaysia.

Perubahan yang Tidak Diwajibkan, Namun Diperlukan

Ini kan baru ‘katanya’ ya. Melihat banyak sekali pencapaian Diana gara-gara benda-benda kecil warna-warni saya jadi pengin membuktikan. Akhirnya saya melakukan beberapa eksperimen dengan warna. Apakah berhasil? Let’s see on my coming up blog post, ya.

Baca juga : Colorful Things That Change Me

Yang pasti I had a good feeling about this. Karena seperti keberuntungan mendapatkan kalkulator warna pink yang sesuai dengan kostum, saya juga beruntung bisa berkenalan lebih dekat dengan Diana. Beliau membantu saya menemukan new style by colors. Dengan memberikan tips mix and match pakaian.

casio my style

Photo by Lya Amalia

Tak selamanya padu padan warna itu harus dengan yang senada. Misalnya untuk baju dan kerudung. Kalau pakai baju pink boleh banget kok kerudungnya warna hijau, atau sebaliknya. Nah, waktu itu saya dikasih sweater warna hijau, kontras dengan my pink outfit. Ternyata lucu juga deh. Bikin penampilan jadi makin criiiing.

Meskipun dunia fashion memperbolehkan kita eksplorasi dengan tabrak warna sana-sini, tapi ada batasnya juga. Usahakan dalam satu outfit maksimal terdiri dari 5 warna dan jangan lebih. Karena bakal terlihat aneh, macam origami berjalan mungkin, ya?

Dan saya beruntung lagi karena saat pengumuman pemenang door prize, ada nomor 16 disebutkan. Alhamdulillah dapat sekotak sticky notes dari Post-It. Bahagiaaa banget rasanya. Sampai di sini saya mulai yakin, bahwa warna-warni di sekitar kita memang dapat merubah mood.

post it sticky notes

Kamu Pilih Kalkulator Casio My Style Tipe Apa?

Dari ketiga tipe kalkulator Casio terbaru ini masing-masing memiliki tempatnya sendiri. Jika ingin menggunakan kalkulator di kantor atau di rumah maka tipe MS-20UC dan MS-7UC adalah pilihan tepat.

Sedangkan Casio SL-310UC lebih cocok untuk seseorang yang memiliki mobilitas tinggi. Model ini juga terlihat sangat stylish sehingga mau dibawa ke mana-mana tetap kece. Enggak perlu minder ditertawakan orang lain dengan cibiran “Hari gini masih bawa kalkulator?”. Karena keunikannya kalkulator ini sangat pantas untuk dibawa kemana pun. Terutama untuk urusan bisnis ya, yang identik dengan banyak perhitungan.

Kalkulator Casio My Style bisa dibeli di toko buku Gramedia atau toko online seperti mataharimall.com. Harganya mulai Rp. 90.000 saja. And the good news is, setiap pembelian Casio My Style di mataharimall.com kamu bisa dapat diskon sebesar 20% dengan kode promo : CASIOBLOGQP38.

Silakan masukkan kode promo tersebut sebelum melakukan pembayaran. Dan bisa dipakai berulang-ulang loh, jadi kalau setiap hari mau belanja kalkulator kamu akan selalu mendapat diskon. Atau bagi-bagi kode promo ini ke teman-teman juga boleh, kok.

Supaya lebih sreg pilih-pilih warnanya, coba buka deh www.knowyourcolor.id. Disitu ada personality test dengan result warna apa yang paling mewakili kepribadianmu. Selamat mewarnai hidup 🙂 #CasioMyStyle

More info about Casio My Style, click here.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Kalkulator Casio My Style, Colorful dan Membangkitkan Mood

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *