jajanan milenial

Jajanan Milenial yang Cocok di Lidah

Bisnis kuliner itu pergerakannya cepat banget, ya. Kemarin baru muncul nama makanan baru, hari ini sudah ada lagi menu baru lainnya. Sepertinya mereka yang menggeluti bidang ini memang terus-terusan berinovasi, menciptakan sesuatu yang sekiranya akan disukai masyarakat. Apalagi dengan trend ‘foto dulu sebelum makan’, sebuah hidangan harus terlihat menarik agar yang beli merasa gemas dan wajib mengabadikannya dengan kamera. Dan nama si penjual lah yang akan disebut-sebut pada akhirnya.

Lalu muncul jajanan milenial yang katanya diperuntukkan bagi kaum muda masa kini. Kita yang berusia 30 tahun ke atas, termasuk juga di dalamnya. Berawal dari rasa penasaran akhirnya mulai berburu menu-menu baru, bahkan ketagihan mendatangi restoran atau cafe ngehits sebagai tempat instagramable untuk foto-foto (lagi).

Bicara Tentang Kuliner Hits

Meski saya termasuk ke dalam ‘tim beli lauk jadi’ namun saya jarang beli makanan yang selain untuk makan besar alias jajan atau ngemil-ngemil. Padahal jajanan milenial sekarang kan banyak banget dan gampang kalau mau belinya. Mungkin memang pada dasarnya saya kurang suka jajan kali, ya? Saya baru tahu ada nama jajanan baru biasanya dari keponakan yang beli via ojek online. Secara ya, dia anak muda yang mesti up to date soal beginian biar besok di sekolah enggak ketinggalan pembahasan sama temannya (ya kali).

Keseringan saya terhasut olehnya untuk ikutan beli juga dan kebanyakan jajanan yang disarankannya enggak bisa diterima sama lidah saya. Hahahaha. Bukannya enggak enak, bukan. Tapi gimana, ya, mungkin enggak sesuai sama ekspektasi saya kali jadinya saya kurang minat untuk membeli lagi di lain kesempatan.

Sebut saja waktu awal-awal muncul yang namanya seblak, semua orang heboh ngomongin. Begitu nyoba sekali ternyata biasa aja bagi saya. Terus pas keluar yang namanya pisang nugget, keponakan saya ini langsung dong mau nyobain juga karena teman sekelasnya sudah pada nyoba semua, katanya. Pas dia beli, saya icip sepotong eh enak menurut saya. Sampai nyari tau cara bikin pisang nugget di cookpad.com, terus dipraktekin dan ternyata anak saya juga suka. Malahan si keponakan jadi request melulu.

Minggu ini tema Collaborative Blogging kelompok Siti Nurbaya adalah tentang kuliner hits. Jadi saya harus menulis seputar topik tersebut meski bukan orang yang mengikuti trend makanan. Tapi kan sekarang mah bisa cari info di dunia maya, ya. Di instagram sih paling enaknya karena bisa langsung lihat foto atau video singkat beserta keterangan jelasnya di caption.

Jadi nih, ceritanya saya sudah kumpulkan beberapa jajanan anak milenial yang memang lagi hits banget, beberapa diantaranya sudah pernah saya coba.

Roti John

Yang dulunya ngehits di Singapura dan Malaysia, roti John mulai memasuki negara kita. Si Hammam tuh, kecil-kecil udah nyobain Roti John ala kakak Lutsy—sepupunya. Jadi suatu pagi anak kecil itu main ke rumah abang saya, pas banget mereka lagi sarapan. Ya udah nimbrung lah dia. Berhubung Hammam memang suka banget sama roti akhirnya minta nambah.

Roti John adalah roti isi telur dadar dan kornet. Cara membuatnya juga mudah (kalau lihat di instagram, again). Ini sih tanpa harus nyobain saya udah bisa bilang enak soalnya roti itu enak, telur campur kornet juga enak. Ditambah keju, mayonnaise dan saos yang udah pasti bikin makanan jadi makin lezat. Enggak heran lah kalau si Hammam ketagihan. Besok Ham, mami buatin!!

Mie Samyang Bersertifikat Halal

Setelah MUI mengeluarkan sertifikat halal untuk mie samyang pada tahun 2017 lalu, keberadaan produk ini di minimarket semakin intens. Setiap kali mau beli pasti ada, enggak kayak dulu-dulu yang sulit ditemukan. Mie asal korea ini memiliki bumbu yang sangat pedas. Saya cuma berani icip-icip sedikit karena enggak tahan sama pedasnya.

Kalau saya perhatikan, anak-anak remaja tuh pada suka banget makanan pedas. Keripik yang pedasnya sampai level 13 juga dijabanin sama mereka. Kalau cuma mie samyang mah, keciiiil. Di rumah kalau lagi kumpul keponakan remaja-remaja gitu pasti pesta samyang.

Baca juga : Mie Lemonilo, Mie Bayam yang Enak dan Sehat

Baso Aci

jajanan milenial

Photo : Tribunnews.com

Baso aci jajanan asal garut, dijual paket lengkap perbungkusnya. Ada baso yang terbuat dari aci atau sagu, cuanki, dan sukro. Aslinya baso aci ada tambahan ceker ayam jika kita membeliya di kedai baso aci. Kalau yang dijual kemasan itu kita masak sendiri nih, kayak masak mi instan. Sekali nyoba rasanya sangat berasa mecin, buibu, jadi saya enggak suka. Berhubung tenggorokan saya mah sensitif abis, takut kenapa-kenapa. Hehe. Tapi menurut mereka yang suka jajan-jajan sih baso aci ini enak banget, endeees!

Donat Indomie

So far kayaknya ini yang paling baru dan terheboh, ya. Jadi ini indomie yang direbus, diberi bumbu lalu dikukus dengan cetakan, dilumuri telur dan tepung roti, goreng. Jadilah donat indomie. Pertanyaan saya, kenapa harus dibuat donat, coba? Kayaknya cukup 3 menit deh masak indomie, habis itu makan sampai kenyang. Ya ampun kenapa menyiksa diri dengan serangkaian prosedur donat itu???

Honestly saya belum coba. Meskipun saya pencinta indomie tapi untuk yang berbentuk donat kok rada malas ya. Kecuali ada yang beliin sih gak apa-apa. Huahahahha.

Es Kepal Milo

Kedai Es Kepal Milo bisa ditemukan di mana-mana saat ini, bahkan sepupu saya juga ikut nimbrung jadi salah satu penjualnya. Minuman yang terdiri dari es serut diguyuri coklat milo ini memang rasanya enak, sejujurnya tanpa menjadi es kepal juga saya sudah suka sama milo sejak kecil. Adanya menu yang satu ini kita jadi punya cara baru untuk menikmati milo yang rasanya tak terlupakan itu.

jajanan milenial

Photo : merdeka.com

Oh ya sebagai tambahan kita bisa memilih topping meses (coklat butiran), kacang, coco crunch, springkle dan bubuk milo. Sekarang sudah ada juga es milo lumer ditambah alpukat. Aih ini ketahuan banget enaknya, enggak kuat ngebayanginnya. Cc @devidarnitasunny tolong buatin kakak minuman ini, please!!

Es Kepal Nutrisari

Ini saingannya es kepal milo sih tentu saja. Cara bikinnya kurang lebih sama cuma kalau yang ini toppingnya lebih ke buah-buahan seperti jeruk, stroberi dan kiwi. Karena nutrisari kan rasanya segar gitu ya, jadi memang pas banget kalau ditambah buah-buahan tadi. Sayangnya saya kurang suka nutrisari jadi saya lebih memilih es milo aja 😀

Thai Tea

Minuman yang berasal dari Thailand ini terbuat dari teh, susu dan gula. Rasanya mirip-mirip teh tarik. Kedai minuman Thai Tea berciri tabung-tabung tinggi berisi thai tea aneka rasa, mulai dari yang original sampai red velvet. Meski saya kurang suka dengan rasanya (karena saya penikmat susu), perlu diakui bahwa minuman berbahan teh baik untuk kesehatan. Teh (terutama teh hijau) mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Baik juga untuk mencegah kanker dan menjadikan kulit lebih halus dan wajah awet muda.

Jadi siapa yang mau tampak awet muda, jajanlah thai tea :P.

***

Dan jajanan milenial favorit saya jatuh kepada es kepal milo. Selamaaaat. Kalau kamu mau jajan juga, simak dulu nih tips dari Mak Suciati Cristina dalam tulisanya yang berjudul Kuliner Kekinian yang Hits, Berani Coba?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

6 thoughts on “Jajanan Milenial yang Cocok di Lidah

  1. ucig says:

    beneran ya bikin awet muda..abis ini nenggak Thai tea :))
    banana nugget itu pas pertama kali muncul gempar ya mak, tapi klo bikinnya aku hanya niat belum kesampean hihi
    Ham suka ya makanan kekinian ^^

  2. Yosa Irfiana says:

    Dari semuanya aku paling sering minum thai tea. Abis gimana ya mak, cocok sama selera. Tapi enggak semua thai tea enak sih. Ada yang susunya kebangetan, ada juga yang rasanya pas tapi harganya bisa buat beli lauk sekeluarga hehehe.

  3. Fanny F Nila says:

    Naaaah yg donat indomie aku jg ga abis pikir ma hahahaha… Niaaa yaaa g bikin. Aku blm coba si, dan rada males jg utk coba. Kmrn tau ttg donat ini pas nonton yutub salah satu vlogger korea yg srg review masakan indonesia :p.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *