JadiBisa dengan Traveloka - Dari Pesan Hotel Sampai Camping Ground, #JadiBisa dengan Traveloka

Dari Pesan Hotel Sampai Camping Ground, #JadiBisa dengan Traveloka

Bulan Desember telah menjelang, sebentar lagi tahun akan berganti. Sebagian orang sibuk kejar target sebelum tutup tahun. Sebagian lagi sibuk merencanakan liburan akhir tahun. Ada juga tipe orang yang kejar target dalam pekerjaannya demi bisa mengejar liburan.

Sepertinya mau liburan zaman now sudah enggak ada lagi kendala yang berarti, selain budget. Itu pun masih bisa diakali dengan perencanaan matang dan pemilihan paket wisata yang sesuai dengan kantong.

Beda banget dengan liburan pada tahun-tahun sebelumnya, setidaknya dalam lima tahun ke belakang deh. Di mana orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu ketika mencari informasi tentang suatu destinasi wisata, cari-cari hotel atau villa, belum lagi biayanya yang enggak jelas. Belum apa-apa sudah menghabiskan waktu dan energi, niatnya mau liburan malah jadi stress duluan.

Flash Back ke Tahun 2012, Liburan Dadakan

Tahun 2012, secara mendadak saya dan suami berangkat ke Tanjung Lesung—Pandeglang, Bante, dalam rangka liburan lebaran. Tanjung Lesung adalah kawasan wisata pantai yang ketika itu masih sepi sekali pengunjung. Berbekal google maps kami berangkat sekitar pukul 11 pagi  tiba pukul 4 sore.

Langsung mampir lah kami pada salah sebuah cottage, untuk kemudian shock melihat room rate-nya. Mahal banget dan out of budget, hampir 80% dari total uang THR kali. Menurut hemat saya, harga segitu seharusnya bisa untuk liburan ramai-ramai, bukan cuma berdua.

Wajar sih harganya mahal, karena sedang libur lebaran. Dan kamar yang ditawarkan adalah Deluxe room, karena tipe yang lain sudah fully booked. Ok, kami sih realistis saja. Mending pulang ke rumah daripada harus menginap semalam dengan harga segitu. Meskipun di cottage ini memang asyik banget tempatnya, pantainya bagus dan fasilitasnya lengkap.

Pantai Bodur, Tanjung Lesung

Lalu di tempat yang agak terpisah sendiri—tetapi masih dalam satu kawasan Tanjung Lesung Resort, akhirnya kami menemukan hotel lain. Tempatnya lumayan dan harganya lebih bisa diterima oleh budget liburan kami. Tapi…

Kendala Saat Liburan

Ternyata semua kamar sudah full. Mungkin semua orang juga menginginkan tempat menginap yang lebih murah ya. Menurut resepsionis masih ada satu kamar yang sudah di-booking tapi tamunya belum datang.

Dengan hati kecewa kami meninggalkan hotel itu sambil cari-cari penginapan lain—kalau ada. Kalau enggak ada ya rencananya mau langsung pulang aja sih.

Kendala saat liburan seperti ini seharusnya enggak perlu terjadi jika kita punya persiapan yang matang. Meskipun saat itu resepsionis hotel akhirnya menghubungi saya, mengabarkan bahwa kamar ‘yang tadi’ telah dibatalkan dan kami langsung balik lagi. Seandainya sejak awal sudah booking hotel duluan kan seharusnya liburan kami jadi lebih berkesan. Main di pantai sore-sore, foto-foto dan menyantap makanan enak. What a life.

Sejak saat itu kami selalu menjadikan ini sebagai catatan. Bahwa liburan tanpa tahu harus menginap di hotel mana, adalah buang-buang waktu.

Tak Semua Rencana Liburan Berjalan Sesuai Harapan

Dua tahun berselang kami ingin kembali lagi. Kali itu saya benar-benar ingin mencoba liburan setengah camping di Tanjung Lesung Green Coral Camping Ground, yaitu semacam perkemahan di kawasan pantai. Tenda-tenda sudah tersedia dan fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, digunakan secara bersama-sama.

green coral

Photo : Traveloka.com

Sayang sekali setelah menghubungi resepsionis ternyata camping ground-nya penuh. Saya tahu info tersebut setelah menghubungi Green Coral. Ya sudah kami kembali menginap di hotel yang sebelumnya, tetapi kali ini dengan persiapan yang lebih baik. Dari beberapa hari sebelumnya saya sudah booking dan berhasil mendapatkan kamar tanpa drama yang berarti.

Sampai sekarang saya masih penasaran mau mencoba liburan di Green Coral Camping Ground. Apalagi anak kami sudah berusia 3 tahun, sepertinya ia sudah bisa dikenalkan pada liburan model camping.

Liburan Zaman Now

Kebayang enggak sih berapa banyak waktu yang telah terbuang sia-sia hanya karena kurang memahami situasi dan kurangnya informasi. Sekarang kita dituntut untuk serba cepat dan tepat dalam segala aspek kehidupan. Mau itu di bidang pekerjaan, dunia rumah tangga, maupun dalam perencanaan liburan.

Istilah “Time is Money” bukanlah omong kosong, kawan. Seandainya perencanaan liburan dapat dilakukan secara efisien dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, mungkin dari waktu yang terselamatkan kita masih bisa melakukan hal berguna lainnya. Siapa tahu ada project yang akhirnya goal, yang mana hasilnya #JadiBisa dimanfaatkan untuk liburan selanjutnya.

Liburan itu identik dengan kebahagiaan, kepuasan lahir batin dan pengalaman tak terlupakan. Apalagi sekarang kita bisa menggunakan online travel yang menyediakan berbagai pilihan penginapan dengan harga terjangkau.

Segala Kemudahan yang Ditawarkan, #JadiBisa dengan Traveloka

Traveloka_Primary_Logo

Traveloka adalah sebuah perusahaan perjalanan online terkemuka yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan. Pada awal hadirnya Traveloka di tahun 2012, layanan yang pertama kali dapat dinikmati adalah booking tiket pesawat. Kemudian menyusul di tahun 2014 layanan booking hotel.

Nah makanya waktu saya liburan ke Tanjung Lesung itu kayaknya nelangsa banget. Saat itu belum ada Traveloka hotel booking service. Kalau sekarang sih para traveler sudah dimanjakan dengan beragam persediaan akomodasi di Traveloka. Baik itu hotel, villa, apartemen sampai dengan guest house dan home stay.

Pada tahun 2014 juga Traveloka meluncurkan aplikasi mobile untuk Android dan iOS. Hanya satu tahun setelahnya, aplikasi mobile Traveloka mencapai angka 1 juta download. Dan di tahun ini sudah 30 juta pelanggan yang men-download aplikasi ini, seiring dengan bertambahnya layanan di Traveloka seperti booking tiket kereta api, booking tiket pesawat sekaligus hotel, aktivitas dan rekreasi, hingga pembelian pulsa dan paket data internet.

Pilihan layanan Traveloka

Menjadi online travel company yang paling populer tentunya tidak membuat Traveloka berhenti berinovasi. Banyak sekali kemudahan yang dapat dirasakan oleh member  dalam pencarian hotel dan layanan lainnya, sehingga menambah kenyamanan bertransaksi.

Beragam Pilihan Penginapan, Mulai dari Hotel Hingga Camping ground

Traveloka bekerjasama dengan lebih dari 19.000 hotel di Indonesia dan 266.000 hotel internasional. Kadang ketika akan mendatangi tempat baru kita tentu bingung hotel apa yang recommended. Dengan Traveloka kita tinggal ketik saja nama kota tujuan atau tempat wisata yang akan kita kunjungi, kemudian akan tersedia berbagai pilihan hotel.

Klik salah satu hotel yang diinginkan kemudian di sana akan muncul info-info penting seperti : fasilitas hotel dilengkapi dengan foto, destinasi wisata terdekat dengan hotel dan ulasan dari pengunjung yang terintegrasi dengan review traveler pada website TripAdvisor yang terpercaya. Info ini dapat membantu kita dalam mengambil keputusan, sehingga menginap #JadiBisa menyenangkan dan tak ada penyesalan di kemudian hari.

Gunakan juga fitur “Filter Hasil Pencarian” agar hotel yang muncul sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Filter ini terdiri dari : Kisaran harga per malam, hotel berbintang 1-5, fasilitas hotel, pilihan akomodasi (mewah, bayar di tempat) dan tipe akomodasi (hotel, apartemen, villa, camping ground dan lain-lain).

Untuk saya yang ingin camping, kapan lagi kan bisa dapat info camping ground melalui layanan booking online?

Stay Guarantee – 24 Jam Sehari, 7 Hari Seminggu

Dengan Traveloka semua informasi penginapan bisa langsung diakses hanya dalam hitungan detik. And the good news is, kita bisa mengkasesnya setiap saat. 24 jam sehari dan selama 7 hari dalam seminggu. Traveloka itu enggak pernah libur, demi kita-kita yang siap liburan kapan saja.

Dan Traveloka memberlakukan fitur “Stay Guarantee”, yaitu jaminan menginap di hotel yang kita pilih. Kalau sampai kejadian hal-hal yang tidak diinginkan maka dapat dipastikan hotel kita akan digantikan dengan yang setara, atau uang akan dikembalikan. Win-win solution, kan?

Customer service pun setia melayani sampai semua masalah terselesaikan. Dan komplainnya ini yang enggak perlu telepon juga, tetapi bisa melalui chat di website atau aplikasi Traveloka. Keren, kan? Dan karena enggak perlu lagi repot menelpon sana-sini kita #JadiBisa hemat pulsa telepon. Horee.

Harga Final dan Pembayaran Mudah

Untuk melakukan booking hotel kita hanya tinggal pilih penginapan yang diinginkan kemudian mengisi halaman “Pemesanan Hotel”. Isilah setiap kolom sesuai dengan petunjuk. Pada halaman ini juga kita bisa mengajukan special request, misalnya jika kita menginginkan kamar yang bebas asap rokok.

Harga yang tertera pada halaman ini sama dengan harga yang kita lihat pada halaman sebelumnya. Artinya tidak ada biaya siluman yang tahu-tahu muncul menyusup di tagihan.

Klik “Lanjutkan Pemesanan” dan verifikasi beberapa data, seperti list special request dan kontak. Kemudian kita akan tiba pada halaman review pesanan. Jika semua sudah ok, klik “Lanjut ke Pembayaran”.

Tagihan dikurangi kode unik

Jumlah tagihan kita akan dikurangi dengan kode unik. Yey, baru kali ini transaksi online kode uniknya malah berkurang—bukannya bertambah. Kode unik ini gunanya adalah agar pembayaran kita langsung ter-deteksi tanpa melakukan konfirmasi ulang. #JadiBisa hemat waktu lagi.

Pilihan Pembayaran

Terdapat banyak sekali pilihan pembayaran. Mulai dari bank transfer, kartu kredit, ATM, hingga melalui Indomaret dan Alfamart. Lakukanlah pembayaran dalam kurun waktu satu jam, atau transaksi akan dibatalkan secara otomatis. Bukannya apa-apa, yang mau menginap di hotel bukan kita saja. Kalau kita enggak kasih kepastian, masih banyak orang lain yang mungkin lebih membutuhkan kamar daripada kita.

Pembayaran yang sudah terverifikasi akan langsung dikirimkan voucher melalui email. Voucher ini bisa ditunjukkan kepada resepsionis ketika sampai di hotel.

Oh ya, beberapa hotel juga menerima bayar di tempat loh. Pada saat pencarian jangan lupa di-filter pada pilihan akomodasinya.

Poin dan Promo untuk Menginap yang Lebih Hemat

Setelah lelah bekerja berminggu-minggu sampai berbulan-bulan, ketika ada kesempatan berlibur merupakan sarana untuk me-recharge kembali mood, hati dan pikiran kita. Berharap setelah liburan akan lebih semangat beraktivitas.

Tapi kalau sehabis liburan malah dapat poin, bagaimana coba? Yang ada maunya liburan lagi. Hahahaha. Jadi poin ini bisa didapatkan oleh member yang memesan tiket pesawat, hotel atau tiket pesawat + hotel. Poin bisa dilihat di bawah harga, namun hanya bisa didapatkan jika kita melakukan transaksi tanpa kode voucher atau promo. Dan poin yang didapat akan aktif setelah 7 hari perjalanan kita selesai.

Poin sifatnya akumulatif, jika sudah mencapai jumlah tertentu bisa ditukarkan sebagai potongan harga pada transaksi berikutnya.

Untuk promonya sendiri di Traveloka sering banget ada diskon. Rajin-rajin aja ngecek info promo, atau supaya enggak ketinggalan silahkan berlangganan newsletter. Enggak ada lagi alasan ketinggalan promo.

Traveloka Mobile Apps untuk Siapa Saja

Traveloka hadir untuk semua kalangan masyarakat. Untuk yang sekadar cari hotel untuk kabur sebentar dari rutinitas atau memerlukan penginapan untuk perjalanan bisnis, bisa banget pakai Traveloka Mobile Apps.

Melalui Traveloka Mobile Apps harga yang ditawarkan cenderung lebih murah ketimbang pemesanan via website. Lagipula dengan mobile apps tentu lebih mudah karena tidak selamanya kita membawa laptop kemana-mana. Sewaktu-waktu jika harus ada perjalanan dadakan, tinggal buka aplikasinya di smartphone dan lakukan transaksi senyaman mungkin.

Dan dari semua kemudahan yang ditawarkan oleh Traveloka, kita #JadiBisa melakukan banyak hal lain yang lebih bermanfaat. Syukur-syukur manfaatnya bisa turut dirasakan oleh orang lain di sekitar kita. Who knows?

Ya sudah, cek promo hotel dulu gih di Traveloka.com atau Traveloka Mobile Apps. Siapa tahu kita berjumpa ketika sedang berlibur.

Cheers.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

12 thoughts on “Dari Pesan Hotel Sampai Camping Ground, #JadiBisa dengan Traveloka

  1. Astin Astanti says:

    Makin praktis saja ya Mbak, jaman sekarang. Dulu, mau nginep biasanya on the spot atau palng ndak, nyari nomer telepon hotel yangdeket tempat tujuan, trus telepon dulu, kalau ndak referensi teman.

  2. Raisa says:

    Traveloka memang jawara banget yah :).
    Udahlah harga paling murah, customer servicenya juga fast respond kalau ditanyain.
    Love banget sama aplikasi ini.

  3. Anis Lotus says:

    Ya ini aplikasi yg pengen saya coba… Tapi berhubung perut masih buncit, jadi belom bisa kemana mana duluu.. 😑 semoga liburan tahun depan bs lebih lancar pakai traveloka. Thanks infonya mb 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *