bisnis online syariah featured - Bisnis Online Syariah yang Menguntungkan Lahir Batin

Bisnis Online Syariah yang Menguntungkan Lahir Batin

Hello, gengs. Bulan ini topik yang saya ambil untuk posting di blog kayaknya agak-agak berat, ya. Sok-sokan ngebahas soal bisnis, haha. Tapi memang kita tidak bisa menutup mata ya, perempuan zaman now kan memang sudah banyak banget yang punya bisnis sendiri. Dari yang cuma jualan pulsa sampai yang punya butik. Dari yang bermain di bisnis konvensional sampai bisnis online syariah. Nah kita boleh kok kalau tidak mau ketinggalan. Apalagi kalau memiliki passion di bidang tertentu yang bisa dijadikan bisnis.

Bisnis online syariah kini tengah menjadi pusat perhatian di Indonesia, seiring dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat tentang salah satu hukum dalam islam yaitu halal. Yang dimaksud dengan bisnis syariah bukan melulu soal berjualan makanan dan minuman. Tapi juga seluruh objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam agama Islam—sesuai dengan definisi halal.

Sebagai contoh bisnis syariah di luar makanan dan minuman yaitu produk-produk kecantikan, bahan kebersihan, perabot rumah tangga hingga makanan kucing. Untuk bisnis besar seperti perbankan pun sudah sejak lama memiliki produk tabungan syariah, sekarang ada asuransi syariah. Bahkan sudah banyak pula tour and travel agency yang mengklaim diri mereka sebagai wisata halal, karena selama perjalanan akan dijamin kehalalannya baik itu makanan, minuman, tempat menginap dan seluruh kegiatan wisatanya, terutama wisata religi.

bisnis online syariah

Kalau melihat daftar bisnis syariah tersebut, banyak juga diantaranya yang bisa dilakukan melalui jalur online. Dan ternyata memang luas banget peluang bisnis online saat ini. Jauh bedanya dengan 10 tahun kebelakang.

Menjalani Bisnis Halal dan Berkah

Kita semua pasti pengin dong menjalankan bisnis halal dan berkah. Baik itu offline maupun online. Saya mau cerita sedikit nih tentang perbedaan yang saya alami antara bisnis offline dan online, berdasarkan pengalaman pribadi.

Di tahun 2006 lalu yang namanya pasar malam itu lagi happening banget di Jakarta. Setiap malam ada saja wilayah tertentu yang menggelar pasar malam. Waktu itu saya ikut jualan sama kakak, awalnya sih iseng-iseng setiap pulang kuliah langsung berangkat ke pasar malam. Lama-lama kok seru juga. Semakin banyak yang terjual maka semakin banyak pula uang tip yang saya dapat. Alhamdulillah rasanya bahagia banget menerima uang halal dari hasil jerih payah sendiri.

bisnis online syariah

Tapi yang namanya orang berjualan itu tak selamanya laris manis. Pernah juga lapak sepi banget, apalagi kalau musim hujan. Saya ingat betul waktu itu sedang jualan di daerah Petukangan-Jakarta Selatan, baru jual baju satu potong lalu hujan langsung turun dengan derasnya sampai waktunya tutup lapak jam 9 atau 10 malam. Lalu apa yang terjadi? Motor kami mogok, mesinnya sama sekali tak bekerja.

Kalau diingat-ingat kejadian itu miris banget sekaligus lucu sih. Dua orang cewek, jauh dari rumah, bawa banyak dagangan dan motornya mogok pula. Tapi alhamdulillahnya kami tidak merasa sia-sia dan tetap happy. Sekarang malah bersyukur pernah melewati masa-masa itu, yang meskipun berat dilalui tapi cita-citanya mulia yaitu menjalani bisnis halal dan berkah.

Sekarang? Kakak masih jualan di pasar—bukan pasar malam lagi melainkan pasar musiman setiap weekend. Dan saya mengikuti arus era digital, jualan online. Yang paling terasa perbedaannya kalau jualan online itu lebih fleksibel. Bisa dilakukan di rumah atau di mana saja, kapan saja pula. Paling enak kalau jualan dari rumah itu ya bisa sambil ngapa-ngapain lagi. Mau ke toilet juga gampang, tidak perlu antri :D.

Yang harus selalu diingat adalah bagaimana kita menjalankan bisnis online terpercaya, selalu jujur dan amanah. Apalagi kalau sekarang ada marketplace yang bisa me-record reputasi kita sebagai penjual. Semakin banyak pembeli puas dengan pelayanan kita maka semakin baik pula reputasi kita yang akan muncul di kolom informasi penjual.

Peluang Bisnis Online Menguntungkan Lahir Batin

Kenapa sih kok saya bisa bilang bisnis online—terutama bisnis online syariah—bisa menghasilkan keuntungan lahir dan batin? Karena bisa menjadi bos dan punya penghasilan sendiri? Ya sudah jelas ini sih. Tapi ada hal lain yang bagi saya lebih dari sekedar menjadi bos.

Pertama, karena saya adalah seorang ibu yang merasa tidak bisa meninggalkan anak di rumah sementara saya bekerja Senin-Jumat. Hati saya belum bisa ke arah sana. Maka sambil mengurus rumah tangga dan memanfaatkan waktu luang saya isi dengan sesuatu yang sesuai dengan passion. Bisnis online juga sebaiknya mengikuti passion, kan? Karena saya bisa sekaligus menyalurkan bakat dan mengembangkan diri.

start business

Kedua, dengan menjalankan bisnis saya bisa menjadi lebih kreatif. Karena akan terus berpikir ‘bagaimana’ caranya untuk lebih berkembang. Yang saya rasakan kreativitas itu imbasnya bisa ke mana-mana. Bisa ke desain, ke tulisan dan lain-lain. Yang belum bisa sih kreatif di dapur. LOL.

Ketiga, membuka lapangan pekerjaan. Jualannya memang dilakukan sendiri secara online, tapi proses produksi ya tentu lah butuh jasa orang lain. Dulunya sih sempat mengerjakan semua sendiri, tapi lelah gengs! Dari seminar bisnis yang saya ikuti saya jadi tahu bahwa mengerjakan semuanya serba sendiri merupakan salah satu kesalahan dalam bisnis yang umum terjadi. Dan yang paling membahagiakan adalah saat pertama kalinya saya bayar gaji tukang. Itu rasanya seperti, mmmm… apa ya? Sulit bagi saya untuk mengungkapkan.

Jadi yang saya mau keuntungan itu datangnya bukan cuma dari materi, tapi juga perasaan bahagia dan lebih baik dari hari ke hari.

Rekomendasi Bisnis Online Syariah 

Teman-teman yang dulunya pernah bekerja lalu sekarang menjadi stay at home mommy, jangan berkecil hati, ya. Kalau mau memulai bisnis, lakukanlah sekarang. Jadikan pengamalan sebagai modal usaha selain tentunya uang :).

Bagi yang masih bingung mau memulai dengan bisnis apa, semoga rekomendasi saya ini bisa membantu. Setiap orang pasti memiliki passion yang berbeda-beda. Ada yang suka banget dengan bidang kecantikan, olahraga, kesehatan, dunia menulis, fashion dan sebagainya. Dari setiap yang kita sukai ini memiliki peluang bisnis online. Misalnya kamu suka olahraga, bisa banget deh jualan alat-alat olahraga. Kesukaan kita terhadap sesuatu bisanya akan membuat kita lebih tertarik dan giat belajar, baik itu belajar bisnis maupun belajar tentang produknya.

bisnis online syariah

Olahraga kan selalu berkaitan dengan kesehatan, ya. Jualan juga lah produk-produk kesehatan sekalian. Jangan tanggung-tanggung, pilih produk kesehatan yang berasal dari bahan herbal dan halal. Seperti di K-Link Indonesia yang merupakan bisnis MLM pertama yang memiliki sertifikat syariah.

Sejak 2002, K-link Indonesia menjadi salah satu pemain bisnis MLM Syariah yang diperhitungkan dan terbukti memberikan peluang bisnis usaha rumahan bagi ibu rumah tangga dan peluang usaha bisnis online terutama bagi  anak-anak muda yang memiliki ide bisnis kreatif.

Produk kesehatan K-Link bukan hanya yang bisa dikonsumsi, loh. Ada juga jenis kosmetik yang menyehatkan kulit, kaos kaki untuk kesehatan sampai perabot rumah tangga yang dibuat khusus untuk kualitas hidup yang lebih baik. Bisnis online syariah K-Link itu sudah semacam one stop shopping, lah. Saya sudah pernah mereview beberapa produk K-Link yang berdasarkan pengalaman memang baik banget untuk dikonsumsi.

k liquid chlorophyll 1024x856 - Bisnis Online Syariah yang Menguntungkan Lahir Batin

Suplemen Kesehatan K-Liquid Chlorophyll

Keuntungan lainnya kalau join di K-Link kita bisa menikmati fasilitas coworking space-nya di K-Link Tower lantai 7. Namanya Dynamic Youth Lounge, tempat saya dan teman-teman blogger suka kabur sebentar untuk (biasanya) menyelesaikan tulisan.  Di situ bisa deh kalau mau garap kerjaan apalagi buat teman-teman yang suka menulis. Atau mau ketemuan sama teman-teman untuk prospek bisnis, bisaaaa.

dynamic youth lounge

Salah satu sudut di Dynamic Youth Lounge, cozy banget.

Buruan daftar di sini, gengs! Setelah resmi jadi member nanti bisa mendapatkan diskon sampai dengan 20% setiap belanja produk K-Link.

More info about K-Link baik itu produknya atau ulasan tentang bisnis online terpercaya, kalian bisa cari pada search box di blog saya ini dengan keyword K-Link, ya.

Selamat jualan online, gengs.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

14 thoughts on “Bisnis Online Syariah yang Menguntungkan Lahir Batin

  1. Okti Li says:

    Bisnis yang sesuai passion lebih disarankan ya. Selain bisa enjoy menjalankannya juga bisa lebih dalam lagi untuk terjun di dalamnya karena kalau sudah hobi, apapun pasti dilakoni. Apalagi kalau hobinya menghasilkan 🙂

    selamat berbisnis

  2. Tukang Jalan Jajan says:

    RAsanya kalau mendengar bisnis syariah dan halal terasa tenang dalam menjalankannya. keuntungan yang didapat pun terasa berkah untuk dipersembahkan kepada keluarga. Seneng banget pasti ngejalankannya. Semoga makin banyak ya kak member dibawahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *