anyang-anyangan

Cara Alami Mencegah Anyang-anyangan dengan Uri-cran

Did you know? Saat ini kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat semakin meningkat. Banyak orang yang sudah meninggalkan junk food, memilih makan buah dan sayur, menghindari stress, olahraga teratur, hingga bermeditasi. Mungkin kamu termasuk salah satu orang itu. Tapi apakah kamu juga sudah peduli pada kesehatan saluran kemih? Atau justru pernah mengalami sakit buang air kecil, yang juga dikenal sebagai anyang-anyangan?

Saluran kemih adalah tempat di mana hasrat ingin buang air kecil berasal. Pada saluran inilah cairan yang pernah masuk ke dalam tubuh akan disaring oleh ginjal dan membentuk urin. Selanjutnya urin yang terkumpul akan ditampung untuk kemudian dikeluarkan. Atau bahasa bakunya adalah alur kolektif organ pembentuk, pengumpul dan pengosongan urin.

Selain ginjal, organ lain yang termasuk dalam sistem saluran kemih adalah ureter, kandung kemih dan uretra. Keempat organ ini harus senantiasa dalam keadaan sehat agar sistem saluran kemih dapat berjalan lancar tanpa gangguan sedikit pun. Kebayang enggak sih, bagaimana rasanya ketika organ-organ ini bermasalah? Yang pasti akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Mulai dari berkurangnya air seni hingga demam tinggi pada penderitanya.

Infeksi Saluran Kemih Sering Terjadi pada Wanita

Infeksi saluran kemih bisa terjadi pada siapa saja, pria dan wanita, mulai dari anak-anak, dewasa hingga manula. Kebanyakan disebabkan oleh bakteri Escherechia Coli atau sering disebut sebagai E. Coli. Bakteri ini dapat berpindah tempat dari anus ke uretra dikarenakan cara membasuh yang salah setelah buang air besar. Berhubung jarak dari anus ke uretra pada wanita lebih pendek dibandingkan pria maka kaum wanita lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih.

E. Coli adalah bakteri yang umumnya ditemukan pada usus besar manusia. Meskipun sebagian besar bakteri ini tidak berbahaya, namun untuk jenis tertentu seperti E. Coli 0157:H7 amatlah perlu dihindari jangan sampai masuk ke saluran kemih melalui uretra. E. Coli jenis ini jika berada di usus saja dapat mengakibatkan diare dan demam. That’s why bakteri ini dapat menjadi pengganggu ketentraman hidup jika ia singgah ke saluran kemih apalagi sampai menetap di sana.

Infeksi saluran kemih yang diakibatkan oleh E. Coli bisa menimbulkan dehidrasi, jumlah urin berkurang, urin berdarah, hingga demam. Awal-awal mungkin rasanya seperti kurang nyaman saat buang air kecil. Kita sering menganggapnya sebagai anyang-anyangan, dan ini sebaiknya jangan disepelekan.

Anyang-anyangan dan Gejala Infeksi Saluran Kemih

Anyang-anyangan umumnya bisa diatasi dengan banyak minum air putih atau konsumsi vitamin C. Meskipun bisa sembuh dengan cara tersebut, kita tetap harus waspada karena infeksi saluran kemih bisa terjadi berulang kali. Jika kita tidak menjaga kebersihan diri maka besar kemungkinan timbul lagi gejalanya.

cegah anyang-anyangan

Photo : pexels.com

Penyebab anyang-anyangan diantaranya sering menahan buang air kecil, kurang minum air putih, pakaian dalam yang terlalu ketat dan kurang bersih, serta toilet yang kotor. Penyebab ini kedengarannya hal sederhana, ya. Tapi kalau diabaikan bisa berbahaya bagi kesehatan saluran kemih.

Anyang-anyangan merupakan gejala infeksi saluran kemih bagian bawah yang meliputi uretra dan kandung kemih. Gejala ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah. Rasanya ingin terus-terusan buang air kecil padahal urin yang keluar sangat sedikit. Hal ini bisa dikarenakan adanya peradangan pada kandung kemih, sehingga tidak dapat menampung urin terlalu banyak.

Sedangkan infeksi saluran kemih bagian atas (terinfeksi pada bagian ginjal dan ureter) gejalanya berupa demam, tubuh menggigil, nyeri pada pinggang, serta mual dan muntah. Yang ini lebih ngeri lagi, gengs.

Pengalaman dengan Anyang-anyangan

Menurut penelitian 5 dari 10 wanita pernah mengalami sakit buang air kecil atau anyang-anyangan. Tak terkecuali saya dan orang-orang terdekat. Anyang-anyangan yang saya alami adalah akibat kurang minum ketika bulan puasa. Duh, rasanya sungguh tak enak dan serba salah. Lebih gelisah anyang-anyangan loh daripada ketinggalan dompet.

anyang-anyangan

Photo : pexels.com

Setelah ke dokter dan diberikan obat baru terasa mendingan. Setelah itu saya enggak mau lagi kekurangan cairan. Kapok anyang-anyangan.

Kemudian kakak saya juga sering sekali mengalaminya. Mungkin karena kakak suka lupa diri ketika sedang bekerja (lupa diri dalam arti yang sebenarnya nih, karena dia duduk terus selama bekerja :P) dan suka nahan-nahan pipis. Akhirnya anyang-anyangan bukan lagi bikin bolak balik toilet, tapi bolak balik ke dokter.

Yang paling parah ibu saya sih. Tahun lalu beliau merasa tak enak badan selama beberapa hari. Suatu malam ibu bolak balik ke kamar mandi, katanya kebelet terus. Tak lama kemudian meriang, badannya panas. Besoknya begitu lagi sampai-sampai menggigilnya tak tertahankan. Akhirnya kami membawa ibu ke rumah sakit dan masuklah ke UGD.

Dokter langsung melakukan tindakan tes urin dan serangkaian pemeriksaan. Rupanya ibu saya mengalami infeksi saluran kemih akibat bakteri. Untuk kesembuhannya ibu harus dirawat inap selama seminggu 🙁

Seperti itulah bakteri E. Coli dapat mengacaukan ketenangan jiwa raga, gengs. Ibu saya harus pakai kateter selama 3 hari karena tak bisa bangun dari tempat tidur untuk buang air kecil. Pada kantung air seni terlihat warna yang sangat keruh akbiat infeksi saluran kemih yang dideritanya. Setelah dokter memberikan antibiotik dan obat-obatan, warna ari seni akhirnya berangsur bening, tandanya peradangan sudah mulai sembuh. Dan kateter pun bisa segera dilepas, karena penggunaan kateter yang terlalu lama juga tidak baik untuk saluran kemih.

Cara Mencegah Anyang-anyangan

Jangan tunggu sampai terkena anyang-anyangan apalagi menderita infeksi saluran kemih yang serius. Gangguan kesehatan yang ini bisa banget dicegah, kok. Demi apa, coba? Ya demi kesehatan saluran kemih yang pada akhirnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kita kan para wanita aktif, ya. Jangan sampai anyang-anyangan mengganggu aktivitas sehari-hari. Segera lakukan tindakan untuk mengatasi susah buang air kecil.

Minum air putih yang cukup

Sesuai dengan saran pemenuhan cairan untuk tubuh yaitu minimal 8 gelas air putih sehari. Atau ada juga pendapat yang mengatakan bahwa kebutuhan air minum sehari adalah 30ml/kg berat badan. Misalnya berat badan 50kg berarti kebutuhan minum adalah 1.500 ml. Ya beda-beda dikit lah jumlahnya. Yang penting disesuaikan saja dengan kondisi tubuh. Kalau sedang banyak aktivitas atau berolahraga boleh ditambah porsinya. Dan sebentar lagi kan bulan puasa nih, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih pada malam hari.

Stop menahan atau menunda buang air kecil

Urin itu kan merupakan kotoran yang harus dilepaskan, jadi enggak baik ditahan-tahan. Ke toilet itu cuma sebentar kok, jadi jangan alasan tanggung-tanggung. Biasakan buang air kecil sebelum : tidur, bepergian dan masuk bioskop. Ya memang di dalam bioskop itu kan dingin banget, udah pipis dulu aja rasanya masih pengin pipis lagi. Bagaimana kalau enggak? Terus kita suka enggak rela kalau ketinggalan cerita di film hahahaha.

Underwear yang Nyaman

Pilih underware dengan ukuran yang sesuai, jangan terlalu ketat. Semakin ketat celana dalam maka besar kemungkinan timbulnya bakteri karena lembab. Tentu bakteri ini tidak baik jika harus berlama-lama sangat dekat dengan organ vital. Pastikan underwear dalam keadaan bersih, setidaknya diganti dua kali sehari atau setiap habis mandi. Selain dari segi higienitas, underwear yang ketat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada panggul dan perut bagian bawah, serta iritasi.

Menjaga kebersihan diri

Dengan cara membasuh yang tepat setelah buang air besar. Basuhlah dari depan ke arah belakang, jangan sebaliknya. Atau bisa juga membasuh bagian depan terlebih dahulu kemudian baru bagian belakang. Cara membasuh yang salah dapat mengantarkan bakteri E. Coli ke tempat yang tidak seharusnya, loh. Oh ya jangan lupa juga mencuci tangan sebelum dan sesudah membasuh.

Menyediakan tissue basah saat bepergian

Kadang toilet umum yang kurang bersih menjadi alasan kita untuk menahan pipis, ya. Ini dia nih salah satu penyebab sakit saat buang air kecil. Setidaknya kita ada usaha untuk buang air kecil pada kloset yang sudah dibersihkan terlebih dahulu menggunakan tissue basah.

Perhatiakan kebersihan toilet di rumah

Ya kali ke mana-mana bawa tissue basah tapi rumah sendiri toiletnya kotor kaaan? Bersihkan toilet secara rutin menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan kamar mandi. Untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang bersarang di dudukan toilet atau tempat lainnya.

anyang-anyangan

Photo : pexels.com

Memelihara Kesehatan Saluran Kemih

Seperti sifat bakteri pada umumnya yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, bakteri E. Coli bisa berpindah kapan saja. Agar saluran kemih tetap sehat dan terhindar dari serangan E. Coli ada baiknya kita jaga baik-baik aset yang satu ini. Caranya adalah dengan konsumsi suplemen makanan yang dapat membantu menjaga saluran kemih tetap sehat sejahtera.

Prive Uri-Cran Plus Ekstrak Cranberi

Prive Uri-Cran Plus adalah suplemen makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh terutama organ saluran kemih. Why oh why? Karena cranberi mengandung Proanthocyanidin yang mampu menghambat perlekatan bakteri E.coli di saluran kemih. Say bye bye deh pada E. Coli yang akan luruh bersamaan dengan urin saat buang air kecil.

FYI, buah cranberi atau cranberry merupakan tumbuhan semak yang masih satu keluarga dengan blueberry. Warnanya merah tua dan rasanya asam manis. Tanaman ini hanya tumbuh di wilayah Amerika Utara dan Kanada. Para ahli mengekstrak buah cranberi karena dirasa dapat memberikan manfaat kapada manusia di seluruh dunia, salah satunya sebagai bahan dasar produk kecantikan. Mulai tahun 2004 lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing.

How does it work?

anyang-anyangan

Dalam setiap sachet Uri-Cran terdapat 375 mg ekstrak cranberi, 60 mg vitamin C, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum, Lactobacillus acidhopillus, dan 1 mg kalsium laktat glukonat.

Buah cranberi memiliki khasiat lengkap untuk kesehatan tubuh. Ia mengandung vitamin C yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka serta sebagai antioksidan di dalam tubuh. Sangat baik untuk perawatan kulit, melancarkan pencernaan, menghindari tekanan darah tinggi dan dapat mencegah kanker.

Zaman dahulu buah cranberi sering digunakan oleh suku Indian kuno untuk pengobatan luka tertancap anak panah ketika berperang. Insya Allah bakteri E. Coli juga minggat kalau dikasih ekstrak buah cranberi.

anyang-anyangan

Photo : pexels.com

Bifidobacterium merupakan probiotik yang manfaatnya sangat baik untuk tubuh. Yaitu bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat.

Lactobacillus acidhopillus juga merupakan probiotik yang biasanya berada dalam saluran genitourinaria wanita secara alami.

Kalsium laktat berguna untuk mencegah dan mengatasi kekurangan kalsium di dalam darah. Atau untuk yang tidak terpenuhi kalsiumnya melalui makanan.

Prive Uri-Cran dikemas dalam sachet berisi serbuk atau powder berwarna pink. Rasanya asam manis mirip dengan rasa vitamin C untuk anak-anak 😛

Cara pakainya tinggal tuangkan Prive Uri-Cran ke dalam 100-150 ml air putih. Kalau saya lebih suka pakai air dingin, segar terasa seperti minum sirup. Oh ya meskipun manis tapi tetap nyaman di tenggorokan dan meski asam tapi aman di lambung. Silakan diminum 1-2 kali sehari ya, gengs.

Testimoni Setelah Pemakaian Prive Uri-cran Plus

Pada saat meminum Prive Uri-cran saya sedang tidak dalam keadaan anyang-anyangan. Saya minum di malam hari dan pagi-pagi langsung lancar ke ‘belakang’. Jadi suplemen ini memang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, baik itu buang air kecil maupun besar.

Lain lagi dengan ibu saya, beliau minum Prive Uri-Cran pada saat merasakan ada yang ‘tidak beres’ dengan saluran kemihnya. Setelah pemakaian 2 kali (sehari 1 kali) ibu merasa enakan. Kandung kemih berasa enteng, katanya. Ibu saya usianya sudah 75 tahun, bagi wanita lanjut usia ternyata Prive Uri-cran tetap nyaman di lambung dan tidak ada masalah yang berarti.

Karena merasa cocok akhirnya saya stok Prive Uri-cran Plus untuk konsumsi harian. Saya membelinya di apotek Guardian dengan harga Rp. 101.500 setelah diskon 20%, untuk kemasan berisi 15 sachet (@ 8 gram).

obat anyang-anyangan

Ketika membeli produk Prive Uri-cran harap mengecek expired date dan nomor registrasi Badan POM. Saat ini Prive Uri-cran sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi : SI. 154 206 341. Bisa dicek di : https://cekbpom.pom.go.id/

Jika kondisi saluran kemih sudah kian parah, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter yaaa.

Prive Uri-Cran Aman Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Oh ya, untuk para ibu hamil biasanya akan merasakan anyang-anyangan mulai minggu ke 6 hingga minggu ke 24. Hal ini diakibatkan oleh perubahan ukuran janin yang terus menekan saluran kemih, sehingga ibu hamil pada masa ini merasa ingin ke toilet berkali-kali. Untuk menjaga saluran kemih tetap sehat, ibu hamil boleh mengkonsumsi Prive Uri-cran.

Selain itu wanita yang sedang haid juga harus berhati-hati dengan ancaman infeksi saluran kemih. Karena ketika haid kadang kita lupa untuk tidak segera membersihkan bekas darah kotor. Sekali lagi, jangan biarkan bakteri berada dekat-dekat dengan organ kewanitaan.

Dan wanita menopause juga rentan mengalami anyang-anyangan dikarenakan kurangnya kadar estrogen mengubah keadaan imun kandung kemih. Senantiasa jaga saluran kemih dengan minum Prive Uri-cran ya, Buibu..

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Prive Uri-cran Blog Competition. Yang sekaligus sebagai sarana edukasi bagi pembaca khususnya wanita, akan pentingnya menjaga kesehatan saluran kemih.

Terima kasih sudah membaca.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

30 thoughts on “Cara Alami Mencegah Anyang-anyangan dengan Uri-cran

  1. Lya amalia says:

    Ahh bener banget mbak. Ternyata kalo ak anyang2an, biasanya kurang minum air putih. Wah, ternyata bahaya juga yaa. Aku kira gak ada apa2nya. Btw, thanks infonya mbak

  2. Dede Rahma says:

    Saya kira anyang-anyangan penyakit sepele yang disebabkan karena memahan buang air kecil, ternyata banyak faktornya juga ya dan bahkan bisa menjadi penyakit. Terima kasih infonya ateh 😀

  3. Feby kemala says:

    Dari kecil taunya karena efek minum air hangat sama air dingin dicampur (gatau bener apa enggak hihi) dan sering nahan buang air kecil, ternyataaa penyebab lainnya masih banyak. Terimakasih banyaaaak tante infonya sangat membantu kita untuk tidak menyepelekan hal kecil lagi. 🙂

    • Dzulkhulaifah says:

      Keseringan buang air kecil saat udara dingin atau karena kebanyakan minum, wajar sih ya. Selama semuanya lancar-lancar aja. Tapi kalau BAKnya disertai dengan rasa sakit ini yang bahaya.

  4. Fenni Bungsu says:

    Paling nggak enak memang anyang-anyangan. Nahan pipis terkadang jadi hal yang dilakukan, apalagi lihat toilet umum yang membuat nggak nyaman

  5. Akarui Cha says:

    Emang nahan nahan piois itu, kalau bisa, jangan dilakuin sih ya. Tapi kadang, ada aja deh yang memaksa buat nahan pipis. Misalnya, sedang dalam perjalanan dan si mobil belum ketemu pom bensin buat numpang parkir sebentar. Jadilah, pipisnya ditahan dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *