I Love Local Product, At 9th Anniversary of Aston Marina Ancol

Saya tuh orangnya jarang sekali merayakan ulang tahun. Kayaknya seumur hidup baru dua kali bikin acara ulang tahunan. Haha. Tapi kalau ada teman yang merayakan ulang tahun ya saya sih senang-senang aja berpartisipasi. Dan ketika Hotel Aston Marina Ancol genap berusia 9 tahun pada tanggal 30 Oktober 2017 yang lalu, saya diundang dong untuk turut memeriahkan.

Kabarnya, akan ada peragaan busana Batik Gobang Jakarta. Lha, sebagai orang yang berdarah Betawi saya harus kenal dong, dengan kesenian dan warisan busaya yang satu ini.

AstonMarina-Annv-8

Sejak siang saya sudah bersiap hendak berangkat menuju Hotel Aston yang terletak di Jalan Lodan – Ancol, padahal acaranya itu sore loh. I was just too excited. Sampai-sampai perjalanan 2 jam lebih tak terasa lagi, demi bisa berbagi keseruan dengan teman-teman blogger lainnya.

Di ulang tahunnya kali ini Hotel Aston mengangkat tema “I Love Local Product”. Sangat unik, meskipun banyak melayani wisatawan asing, namun tetap saja produk lokal menjadi pilihan sebagai tema utamanya.

Bukannya tanpa alasan Hotel Aston Marina Ancol mengangkat produk lokal sebagai tema ulang tahunnya kali ini. Justru moment ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk dalam negeri kepada wisatawan asing.

Hari itu Jumat, tanggal 10 November 2017 pukul 5 sore. Ketika saya tiba, se-rombongan turis baru saja turun dari taksi. Menyeret koper yang kelihatannya baru saja keluar dari bagasi pesawat, dengan stiker bandara masih melekat disana.

Ya, Aston Marina Ancol memang sudah biasa menerima tamu mancanegara. Jaraknya yang hanya 25 menit dari Bandara Soekarno-Hatta, menjadikan hotel ini begitu diminati. Alasan lainnya tentu saja karena dekat dengan destinasi wisata Ancol, juga pusat belanja Mangga Dua.

Paling asyik kalau menginap di hotel ini adalah karena tersedia fasilitas antar jemput setiap hari dengan tujuan Ancol dan Mangga Dua. Jadi yang mau liburan ke Dufan atau mau shopping, nggak repot lagi. Ini sih sudah standar internasional ya, untuk menyediakan transportasi menuju pusat wisata dan belanja terdekat.

AstonMarina-Annv-6

Guest Check-in

Setelah check-in, terlihat para wisatawan asing ini begitu excited dengan suasana bazaar yang menjajakkan produk-produk lokal di setiap sudut lobby hotel dan sekitarnya. Bazaar ini berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 10-12 November 2017. Peserta bazaar adalah para karyawan Hotel Aston Marina Ancol yang memiliki usaha sampingan. Selain itu juga turut diundang beberapa usaha kecil menengah asuhan Inacraft.

Setelah saya puas melihat-lihat sekeliling, akhirnya acarapun dimulai. Diawali dengan sambutan dari duo host kocak yang melontarkan games untuk diikuti oleh para tamu undangan. Beberapa teman blogger pun tak mau ketinggalan, turut berlomba merebutkan hadiah. Memang hadiahnya sangat menggiurkan, diantaranya voucher menginap di FaveHotel Kemang serta voucher bermain di arena Bounch Street dan Gondola.

AstonMarina-Annv-1

Ternyata salah satu host yang bertugas sore itu, tak lain dan tak bukan adalah Paundra Hanutama—Marketing Communications Manager Hotel Aston Marina Ancol Jakarta.

Kemeriahan Ulang Tahun Aston Marina Ancol ke-9

Acara berikutnya adalah sambutan dari General Manager Hotel Aston Marina Ancol, yaitu Bapak Achmad Noer Ardan. Beliau menyampaikan bahwa di ulang tahun yang ke-9 ini Hotel Aston tidak membutuhkan waktu lama dalam persiapan acara. Dukungan juga datang dari berbagai pihak untuk memeriahkan acara ini.

Sedangkan Paundra Hanutama mengatakan “Kami berharap kedepannya Hotel Aston Marina Ancol memiliki kesamaan dengan Angka 9 yang memiliki arti sukses. Tidak hanya itu, dengan diselenggarakanya bazaar ini, kami bermaksud untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap produk lokal.”

Dan satu lagi kebudayaan Indonesia yang semakin lestari akhirnya melengkapi acara ini, yaitu pemotongan tumpeng nasi kuning oleh Bapak Achmad Noer Ardan. Diikuti dengan foto bersama yang diabadikan oleh media dan rekan-rekan blogger.

AstonMarina-Tumpeng

Saya agak gagal fokus waktu acara potong tumpeng ini, karena aroma nasi kuning beserta menu pendampingnya begitu harum menyebar ke seluruh penjuru lobby. Rasanya sudah pasti enak, seenak aroma dan bentuknya yang imut-imut.

AstonMarina-Annv-3

Fashion Show, Batik Gobang Jakarta

Setelah prosesi ulang tahun selesai, tiba saatnya Hotel Aston Marina Ancol menampilkan fashion show Batik Gobang Jakarta karya Ethys Mayoshi yang diperagakan oleh sekurang-kurangnya duapuluh model dari London School Public Relation.

Corak dan model pakaian pria dan wanita yang dipamerkan sangat menarik. Ada corak ondel-ondel, kembang kelapa, juga senjata warga Betawi pada masa lalu.

AstonMarina-Annv-2

Ada juga peragaan kain lilit, yaitu bermacam model rok yang dihasilkan dari kain lilit—tanpa dijahit. Tentunya ini sangat menginspirasi terutama bagi para perempuan seperti saya yang malas ribet berbusana. Ternyata kain lilit jika dikreasikan bisa menjadi busana yang wow, kekinian.

Hotel Aston Marina Ancol nggak salah pilih deh ini, modelnya cantik dan tampan. Malahan dua orang modelnya ada yang bertindak sekaligus sebagai professional host.

AstonMarina-Annv-9

Achmad Noer Ardan, Ethys Mayoshi dan model dari LSPR

Batik Gobang sendiri adalah kain batik khas Betawi yang sudah ada sejak 10 tahun yang lalu. Kali ini disupport oleh Ie-osh Batik, pengunjung sangat dimanjakan dengan koleksi batiknya yang sangat menarik perhatian. Bahannya juga cukup halus, cocok deh dijadikan busana resmi maupun santai.

AstonMarina-Annv-5

Kemeja batik untuk pria

Workshop dan Beauty Class

Untuk lebih dekat dengan masyarakat, selain mengadakan bazaar Hotel Aston Marina Ancol juga menyelenggarakan bermacam workshop menarik.  Salah satunya ada grup ibu-ibu membatik. Bagi yang penasaran tentang membatik, bisa gabung disini.

AstonMarina-Annv-7

Lalu ada perlombaan menghias cupcake dan cooking class yang disponsori oleh Pondan. Kegiatan ini sangat diminati oleh pengunjung wanita yang memiliki hobi dan minat memasak. Sebagai media untuk meningkatkan keahlian dalam memasak, juga mencoba macam-macam sampling produk seperti Oreo, Pondan, Indocafe dan masih banyak lagi yang memanjakan lidah.

Bagi pencinta kopi, Hotel Aston Marina Ancol menghadirkan Coffee Clinic oleh Javabika. Disini para pengunjung bisa mengetahui lebih detail tentang kopi, dipandu langsung oleh seorang ahli kopi yang memberikan pemahaman mengenai kopi. Jika ingin menikmati secangkir kopi nikmat, Hotel Aston Marina Ancol memberikan diskon khusus sebesar 20% selama sehari penuh. Wah wah, gimana nggak bahagia nih para pecinta kopi Jakarta?

Tak ketinggalan beauty class yang disponsori oleh Martha Tilaar, Puspita Martha dan Aubeau, bagi pengunjung yang ingin belajar merias wajah. Karena belakangan ini, pandai merias wajah adalah investasi. Selain untuk mempercantik diri sendiri, juga bisa diaplikasikan kepada wajah orang lain yang membutuhkan jasa make up.

AstonMarina-Annv-10

Acara anniversary ini boleh dibilang lengkap, ya. Ada pameran kesenian Jakarta, bisa memperdalam ilmu memasak, bisa belajar make up ala make up artist, juga ada sesi bedah kopi.

Aston Marina Ancol in a Glance

Aston Marina Ancol adalah salah satu hotel di bawah naungan Archipelago International. Sejak tahun 2008 Aston Marina Ancol telah beroperasi di tengah jantung area Jakarta Utara.

Dilengkapi dengan 365 kamar yang terdiri dari tipe 1, 2 dan 3 kamar tidur, juga tersedia fasillitas koneksi internet gratis bagi seluruh tamu yang menginap. Tak ketinggalan Cafe, Lounge & Bar, Spa & Fitness Center dan swimming pool. Semuanya lengkap dapat dinikmati oleh setiap tamu.

Yang spesial di Aston Marina Ancol adalah 33° Sky Bridge, tempat hang out terbaru di kawasan Jakarta Utara yang menawarkan view 360° Kota Jakarta. Mulai dari laut, dermaga, bandara hingga ke seluruh kota. Ke tempat ini bikin kagum kalau di siang hari dan bikin terkesima di malam hari. Harus coba, pokoknya.

Lebih lengkap tentang Hotel Aston Marina Ancol, silahkan akses website dan social medianya.

Website : www.aston-international.com

Instagram : @astonmarinaancol

Twitter : @AstonMarina

Facebook Page : Aston Marina Hotel

Email : info@astonmarinaancol.com

Alamat : Marina Mediterania, Tower A – Jl.Lodan Raya No. 2A, Jakarta 14430 Indonesia

Telepon : +62-21 698 37 120

Well, acaranya sangat berkesan. Terima kasih Aston Marina Ancol dan Komunitas Blogger Cihuy sudah mengundang saya dalam acara ini. Semoga kesenian dan kebudayaan Betawi semakin dikenal luas oleh masyarakat melalui Batik Gobang Jakarta, baik dalam maupun luar negeri.

Cheers.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

4 thoughts on “I Love Local Product, At 9th Anniversary of Aston Marina Ancol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *