Solo Career After One Direction

Hai, masih pada inget nggak sama One Direction? Harusnya sih masih ya, secara mereka bubarannya kan belum lama. Duh, kenapa ya kok udah emak-emak malah ngomongin One Direction, yang notabene adalah boyband idolanya para remaja.

I don’t know, sebagai emak-emak yang suka dengerin lagu lama saya kok juga suka sama lagu mereka. Besides aksen british-nya yang gak pernah ngebosenin.

One Direction

Mungkin karena lagunya memang asyik, atau karena mereka cakep-cakep. Atau bisa juga karena setiap mendengar satu lagu One direction saya selalu teringat akan masa lalu.

Dulu sewaktu masih jadi pegawai, di kantor rame-rame suka dengerin lagunya One Direction, sampai nyanyi-nanyi bareng kalo pak bos lagi nggak ada. Gara-gara ada anak baru yang umurnya masih mudaaa banget. Ya sudah deh ketularan. Sampai suatu hari…

Karena bosan dengan menu catering yang itu-itu melulu, kami berinisiatif makan di luar, pinjam mobil kantor. Dalam perjalanan kembali ke kantor, di radio mobil terdengar lagu yang berjudul “One Way Or Another”. Itu kan lagunya yang ceria banget gitu ya, se-mobil pada nyanyi semua mau yang muda ataupun yang emak-emak. Eh waktu itu saya hitungannya masih muda deng, kan belum punya anak.

Setelah punya anak saya tetap suka dengan lagu mereka dan anak saya sudah menganggap Zayn Malik sebagai kakaknya sendiri. Gaya banget ya dia?

What is One Direction?

Buat yang nggak tahu, One Direction adalah boy band asal Inggris yang dibentuk dari ajang pencarian bakat The X-Factor. Semula 5 remaja ini tidak lolos audisi, namun karena Simon Cowell—salah satu juri kontroversial—menyatukan mereka dalam sebuah boy band, akhirnya One Direction menjadi ngetop. Bahkan lebih ngetop dari juara X-Factor kala itu—Matt Cardle.

Terdiri dari Niall Horan, Louis Tomlinson, Liam Payne, Harry Styles dan Zayn Malik. Lima pemuda ini sudah menjalankan tur keliling dunia sejak tahun 2011 dan sempat menyandang predikat pemuda terkaya di Inggris berkat karirnya bersama One Direction. Bikin ngiri…

Setelah Zayn Malik resign dan memilih jalannya sendiri dengan merilis single Pillowtalk pada awal tahun 2016, One Direction tetap exist dan malah ngeluarin album baru berjudul Made in the A.M. Saya nggak terlalu mengikuti sebenarnya di album itu ada lagu apa aja. Paling cuma dengerin yang menjadi hit single aja seperti “Drag Me Down”, “Perfect” dan “History”. Baru belakangan saya tahu lagu “Infinity” yang agak-agak sedih didengarnya. Huhu.

Selain lagunya enak-enak, saya suka sama video klip yang mereka buat. Semuanya bertema fun. Bersenang-senang, lucu dan jahil. Jarang-jarang ada muncul model cewek yang bikin fans jadi ngerasa One Direction itu milik mereka semua. Hahaha, apa sih. Video klip model begini jadinya aman untuk ditonton sama Hammam. Kecuali klip “Midnight Memories” yang bagian depannya ada adegan dewasa. Ini selalu saya skip kalau Hammam lagi minta nonton.

Baca juga : Nonton Konser Bawa Balita, Memangnya Bisa?

Alasan One Direction bubar katanya sih karena Harry, Niall, Liam dan Louis tidak memperpanjang lagi kontrak setelah tur mereka yang terakhir. Banyak fans mereka—yang disebut Directioners menyatakan kekecewaannya. Tapi ya mau bagaimana lagi, tho? Namanya juga orang mau pisah, ya sudah pisah aja.

Setelah bubar jalan sekarang kita bisa mendengarkan lagu-lagu baru dari mantan personil One Direction setelah Zayn Malik, sementara akang Harry Style main film berjudul “Dunkirk“. Apakah saya masih suka dengan karya mereka sebagai penyanyi solo??

Niall Horan

Pertama kali Niall Horan merilis single “This Town”. Konsepnya akustik 1 mic 1 take. Saya suka sih lagu ini baik lirik maupun video klipnya. Ya, meskipun aliran lagunya masih mirip sama One Direction yang ngepop.

Nggak sampai situ aja, ternyata Niall betul-betul serius dalam bermusik. Berturut-turut mengeluarkan single berjudul Slow Hands dan Too Much Too Ask. Lagu yang terakhir ini sungguh membuat saya terluka, tentang sebuah perpisahan yang tak diinginkan.

Pertama kali mengenal lagu Too Much Too Ask, saya baru aja ditinggalkan sama kakak. Dengar liriknya “My shadow’s dancing without you for the first time” rasanya hati ini terbelah. Teringat sama abang ipar yang sampai sekarang masih suka sedih setiap kali ingat kakak. Duh kok malah curhat?

Dan pada 20 Oktober 2017, alias belum lama ini akhirnya Niall merilis album berjudul Flicker. Judul yang sama dengan singlenya. Duh, sukses ya Niall…

Secara penampilan Niall masih sama kayak dulu, keseringan tampil casual. Nggak sukanya cuma si Niall itu kok gemukan ya badannya. Jangan-jangan lagi isi, *Eeehh?

Louis Tomlinson

Waktu itu saya baru tahu kalau Louis merilis lagu juga. Tapi ia berkolaborasi dengan DJ Steve Aoki pada akhir tahun 2016 lalu. Single yang berjudul “Just Hold On” tersebut untuk pertama kalinya ditampilkan pada ajang The X Factor UK.

Single kedua, Louis kembali berkolaborasi dengan penyanyi lain. Yakni Bebe Rexha, dalam lagu “Back to You”. Bercerita tentang seseorang yang sulit move on. Tema lagu Louis memang kekinian, ya. Videonya juga mengikuti perkembangan zaman. Sampai-sampai saya nggak pernah ngajakin Hammam nonton video beliau, banyak adegan dewasa. Haha.

Dan kenapa ya Louis selalu menggandeng artis lain dalam project lagu-lagunya? Apa karena doi sudah terbiasa nyanyi rame-rame? Jadinya kesepian kalau harus nyanyi sendiri. Haha, mungkin juga bukan itu alasannya. Yang pasti, albumnya ini terinspirasi oleh Arctic Monkey dan Oasis.

louis-tomlinson

Photo : mtv.co.uk

Siapa fansnya Oasis, buibu? Sok, atuh dengerin lagu-lagunya Louis Tomlinson. Masih muda, cakep. Tapi udah punya anak, hahaha.

Liam Payne

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau Liam menelurkan sebuah single berjudul “Strip That Down” yang dirilis 19 Mei 2017 lalu. Lagu ini berkolaborasi dengan Quavo dan ditulis bersama dengan Ed Sheeran dan Steve Mac. Dengar lagu ini sih bisa bikin badan goyang-goyang sendiri, seru musiknya. Tapi saya kurang suka videonya, terlalu memamerkan sensualitas wanita. Hiks hiks.

Wait, dalam dunia musik (di luar One Direction) sebetulnya karir Liam sudah dimulai sejak tahun 2014 ketika ia menjadi produser dari sebuah project me-remix lagu. Hhmmm, pantesan ya sekarang lagunya dia ada unsur EDM-nya gitu (Electronic Dance Music).

Liam Payne - Solo Career After One Direction

Photo : billboard.com

Dan baru-baru ini Liam sudah muncul lagi dengan single Bedroom Floor. Berbeda dengan lagu sebelumnya, kali ini video klip melibatkan artis untuk berakting sebagai pasangan kekasih. Lagunya makin dewasa aja sih, Liam. Oh iya kan dirimu sudah dewasa ya, sudah punya anak juga 😛

Anyway, orang bule kalau bikin judul lagu itu kenapa oke-oke aja ya? Bedroom Floor, kalau diterjemahkan ke bahasa kita menjadi “Lantai Kamar”. Pasti aneh kalau disini ada lagu yang judulnya Lantai Kamar. Hahahahaha, makin ngaco.

Harry Styles

Inget nggak sih, pertama kali muncul di X-Factor si akang Harry ini tampangnya super cute dibandingkan sama yang lain. Apa karena rambutnya yang dibiarkan ikal-ikal gitu ya yang bikin dia jadi gemesin. Eh lama-lama dia kok jadi makin keren. Apalagi pas main di film Dunkirk. Ok, saya nggak nonton filmnya, tapi sering lihat trailernya. Disitu Harry gagah, berambut pendek.

Setelah berpisah dengan One Direction kayaknya Harry  main film dulu, baru bikin album. Soalnya berita tentang ia main film ini sudah lama terdengar, kalau nggak salah sejak baru-baru bubaran gitu deh. Tapi albumnya justru keluar duluan pada bulan Mei 2017 dibandingkan filmnya di bulan Juli 2017.

Kalau teman-teman yang lain keluarin dulu satu per satu single, Harry agak berbeda. Dia langsung rilis album dengan single pertama “Sign of the Time.” videonya di alam terbuka dengan adegan terbang-terbang gitu. Kurang suka sama videonya, tapi lagunya lumayan.

Dan dari semua lagu Harry yang saya dengar, favorit saya adalah Sweet Creature dan Two Ghosts.

Baca juga : Me Time, Salah Satunya dengan Mendengarkan Musik

Penampilan Harry kini nggak se-cute dulu. Nggak ada lagi Harry pakai T-Shirt polos berpadu dengan skinny jeans warna hitam. Sekarang ia merubah image-nya dengan kostum nyentrik. Stelan jas bunga-bunga, celana yang mirip dengan kulot atau apa itu. Saya lebih suka penampilannya yang dulu… Eh, tapi kan yang menjalani semua ini bukan saya yak?

After One Direction?

I love One Direction, but their decision to be solo artist might be the best one. Karena mau sampai kapan mereka harus nyanyi satu grup? Sekarang aja sudah ketahuan mereka maunya apa. Aliran musiknya beda-beda, gayanya dan penampilannya juga berubah. Itu artinya adek-adek cakep ini mengalami perubahan secara manusiawi.

Dan setelah bubaran mereka tetap loh men-support satu sama lain. Kayak Niall yang hadir dalam salah satu konser Harry. Kicauan di twitter antara Liam dengan Niall atau Niall dengan Louis. Persahabatan mereka nggak berhenti begitu saja.

Bahkan ketika Zayn Malik menerima penghargaan di salah satu ajang musik dunia, dalam speech-nya ia berterima kasih kepada empat orang sahabatnya yang telah menjadikan dia seperti hari ini. Tsaaahhh… Cakep banget kaaan?

I miss you, One Direction 🙂

Sumber : Wikipedia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *