Spot instagramable kota lama semarang

Spot Instagramabel Kota Lama Semarang

Ternyata anak zaman now sungguh tertarik pada sejarah, hihi. Karena kalau ada tempat bersejarah yang instagramable langsung semuanya pengin foto di tempat tersebut. Tempatnya bisa apa saja, restoran, tepi sungai, lapangan, sampai tempat ibadah. Salah satunya nih Gereja Blenduk, Spot Instagramabel Kota Lama Semarang yang kalau saya bilang dari luar enggak kelihatan banget kalau itu adalah bangunan gereja.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Semarang biasanya sih selalu menyempatkan diri untuk mampir di Kawasan Kota Lama. Di situ lah Continue reading

mau ke monas

Jalan-jalan Jakarta, Melihat Monas Dari Dekat

Waktu saya kecil, tempat wisata yang diidam-idamkan adalah Dufan dan Monas. Dua tempat itulah yang paling dikenal oleh anak-anak. Alih-alih mau ke Monas, dulu saya dan teman-teman bisa melihat Tugu tersebut hanya dengan naik ke pohon jambu yang tertinggi di dekat rumah. Sepupu saya yang pertama kali memberitahu dan itu seru banget. Sekarang? Boro-boro lah, di mana-mana sudah tumbuh gedung menjulang tinggi. Hingga Monas pun tak bisa kelihatan lagi dari sini.

Saya sudah lupa apakah setelah itu saya pernah melihat Monas lagi. Langsung aja skip, saya masuk ke Monas untuk pertama kalinya sekitar tahun 2008 dan tiba-tiba sekarang pengin ngajak anak ke sana. Continue reading

menu berbuka puasa

Menu Berbuka Puasa yang Menjadi Primadona

Hello gengs, gimana puasanya? Lancar? Kehadiran bulan suci Ramadhan yang selalu dinantikan tak bisa lepas dari berbagai menu berbuka puasa yang amat beragam jenisnya. Masya Allah di sepanjang jalan kalau ke luar rumah pas jamnya ngabuburit, tiap radius 10 meter ada penjual makanan berbuka. Dan tak ada satu pun pedagang yang menganggur, semua sibuk melayani pembeli. Sungguh bulan yang penuh berkah.

Ada masa-masa di mana saya pernah kalap setiap menjelang berbuka. Semua makanan yang di jual di pinggir jalan itu rasanya ingin dibeli, karena semuanya kelihatan menggoda dan “kayaknya enak deh buka pakai itu”. Tapi Continue reading

perawatan rambut alami

Perawatan Rambut Alami Dengan Emeron, Senantiasa Sehat Meski Tak Terlihat

Hello, gengs. Kita ngomongin soal perawatan rambut, yuk! Makin berumur makin ada aja masalahnya, ya kan? Siapa yang ketika sudah jadi emak-emak masih rajin pergi ke salon? Atau setidaknya melakukan perawatan rambut alami di rumah? Banyak banget teman-teman wanita seangkatan saya yang mengaku sudah jarang—bahkan enggak pernah lagi—datang ke salon untuk perawatan rambut. Why? Ada yang alasannya enggak sempat, ada juga yang bilang enggak perlu lagi ke salon karena sekarang sudah pakai hijab.

Continue reading

Rumah Mikro – Hunian Mini Ala Jepang

Beberapa waktu lalu saya baru saja bersih-bersih gudang, yang isinya benda-benda prasejarah milik Ibu saya. Beliau adalah tipe orang yang berprinsip “siapa tahu nanti terpakai”, padahal sih enggak pernah dipakai sama sekali dan akhirnya semua berakhir jadi rongsokan. Rumah kami merupakan bangunan zaman dahulu dengan ukuran kamar dan ruang lainnya yang besar-besar. Herannya masih saja terasa sempit karena banyak benda-benda tak terpakai.

Lalu bagaimana dengan bangunan rumah zaman sekarang, yang kecil tapi kok malah kelihatan lega?? Apalagi sekarang harga rumah kan mahal banget, rata-rata orang akan bangun rumah berukuran minimalis, atau merenovasi dengan model rumah kekinian. Continue reading

anak yang susah makan buah

Solusi Mudah untuk Anak Yang Susah Makan Buah

Ketika anak usia balita mulai mempelajari sesuatu, kita tentu excited mengajarkannya banyak hal termasuk memperkenalkan nama buah-buahan. Tapi selain pintar menyebutkan namanya, apakah anak-anak juga sudah tahu akan rasanya? Ada anak yang sejak kecil menyukainya, tetapi tak jarang juga para orang tua yang mengeluhkan tentang anak yang susah makan buah dan sayur.

Seorang anak mulai mengenal rasa melalui air ketuban ketika di dalam kandungan ibunya.  Maka anak akan menyukai apa yang dimakan oleh ibu, termasuk buah dan sayuran. Jangan heran kalau ada ibu yang tidak suka makan buah sejak hamil kemudian anaknya jadi tidak suka juga terhadap buah-buahan. Continue reading

cetak foto kekinian

Cetak Foto Kekinian ID PhotoBook

Sejak memiliki kamera digital mungkin foto yang saya kumpulkan sudah puluhan ribu jumlahnya. Ketika buka-buka hardisk sampai bengong sendiri “ini foto banyak amaat?”. Eh tapi enggak ada satu pun yang dicetak itu fotonya. Sejak itu pula rasanya saya kehilangan momen menikmati sebuah album foto.

Tak terasa sudah 10 tahun lebih saya belum cetak foto lagi karena semua bisa dilihat melalui layar komputer atau ponsel. Padahal sebelumnya saya paling rajin cetak foto dan di rumah bertumpuk puluhan album foto dari kamera analog. Foto bersama teman sekolah/kuliah, foto bersama keluarga, foto lebaran, foto jalan-jalan dan sebagainya. Continue reading

cara membuat watermark

Cara Membuat Watermark Foto Antimainstream

Beberapa waktu lalu saya membuat giveaway foto tematik di instagram, bekerjasama dengan akun @fotocetar. Giveaway yang bertema “Pohon” ini diikuti oleh lebih dari 200 orang dan fotonya keren-keren semua. Saya sampai bingung mau pilih pemenangnya. Selain fotonya yang bagus banget ada hal lain yang menarik perhatian saya, yaitu watermark-nya yang juga unik-unik.

Watermark adalah tanda yang dibuat dan digunakan untuk menandai karya seseorang—terutama pada foto, untuk menghindari pencurian data di dunia cyber.

Continue reading

menjadi travel blogger

Ingin Menjadi Travel Blogger?

Meskipun bukan seorang travel blogger, topik tentang niche yang satu ini selalu menarik bagi saya. Pada dasarnya sih saya penasaran bagaimana seseorang bisa traveling dari satu tempat ke tempat lain. Apa benar menjadi travel blogger memang ‘seenak’ itu, jalan-jalan gratis dan hidup terjamin selama perjalanan? Tapi dipikir-pikir di dunia ini mana ada sih yang gratis banget? Continue reading

Tegas Kepada Anak

Alhamdulillah Collaborative Blogging bareng teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) memasuki season baru. Saya masih berada di tim Siti Nurbaya yang berubah formasi. Tema untuk tulisan pertamanya adalah tentang “Tegas Kepada Anak” yang triggernya ditulis oleh Mak Myra Anastasia.

Well, sebagai orang tua baru rasanya saya belum terlalu paham tentang bagaimana caranya tegas kepada anak. Jujur saja baru terpikir justru setelah tema ini akhirnya diangkat oleh tim kami. Mungkin karena anak saya masih balita, atau mungkin karena orang tua saya bukan tipe tegas yang kaku-kaku gimana gitu. Eh tapi bukannya ketegasan orang tua itu seharusnya sudah diterapkan sejak dini, ya? Continue reading